Hobi yang Mudah Dilakukan Ini Bisa Menurunkan Anxiety

Hobi yang mudah dilakukan seperti yoga dan berkebun bisa menjadi cara positif untuk meredakan stres atau rasa gelisah, lho.

Rasa gelisah dan stres bukan lagi hal baru di dunia yang semakin padat dan menuntut kerja cepat ini. Hingga ketika ditanya tentang kegiatan ringan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang agar terhindar dari stres, jawabannya hampir tidak ada. Padahal ada kegiatan, yang juga bisa dikatakan sebagai hobi yang mudah dilakukan, yang mampu mengobati hal tersebut, lho.

Stres atau gelisah, terutama yang timbul akibat sulitnya hidup, adalah suatu hal yang dialami banyak orang. Kegiatan seperti yoga, atau hobi kreatif seperti memahat dan membuat kue, bisa menjadi cara positif untuk meredakan rasa kelisah yang disebabkan oleh kehidupan yang sarat akan stres.

Sebuah penelitian dari Journal of Positive Psychology yang dilakukan pada 2016 menemukan bahwa menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan kreatif setiap hari bisa berdampak pada peningkatan kesehatan psikologis.

Kegiatan membuat kue yang dilakukan dari awal atau belajar membuat kaligrafi bisa saja hanya terdengar seperti masa lalu yang menyenangkan, tetapi kegiatan itu sebenarnya bisa menjadi kegiatan santai dan bermanfaat, terutama bagi orang yang mencoba meredakan stres atau perasaan gelisah.

Berdasarkan penelitian pada 2016 itu, orang-orang yang menghabiskan waktu melakukan kegiatan kreatif setiap hari mengalami peningkatan kesehatan psikologis pada perasaan positif mereka jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan hobi kreatif sehari-harinya.

Entah menghabiskan waktu dengan berlatih yoga atau mempelajari keterampilan seni baru, ada banyak cara positif untuk beristirahat, mengobati stres, dan meredakan rasa gelisah.

Kegelisahan yang dimaksud di sini tidak harus berhubungan dengan diagnosis penyakit seperti gangguan kegelisahan yang disebutkan oleh the National Institute of Mental Health. Oleh karenanya, hobi yang bisa membantu menanggulangi stres atau kegelisahan berikut bukanlah rekomendasi kesehatan untuk mengobati penyakit gangguan kegelisahan.


hobi yang mudah dilakukan


Mewarnai

Bahkan mewarnai, sebuah kegiatan yang semudah kedengarannya, dikatakan memiliki manfaat bagi kesehatan mental, lho.

Menghabiskan waktu mengisi buku mewarnai yang penuh dengan desain rumit bisa jadi selingan menyenangkan. Kegiatan ini juga berpotensi menghasilkan manfaat yang baik bagi kesehatan mental, berdasarkan penelitian dari the Creativity Research Journal pada 2017.

Para peneliti itu menemukan bahwa peserta yang melakukan kegiatan mewarnai sehari-harinya menunjukkan "gejala depresi dan kegelisahan yang jauh lebih rendah setelah perlakuan" dibandingkan dengan peserta kontrol yang tidak menunjukkan hasil serupa.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa "kegiatan mewarnai yang dilakukan setiap hari bisa memperbaiki kondisi psikologis negatif."

Cobalah Berlatih Yoga

Yoga bisa menjadi alternatif olahraga terbaik ketika melakukan kegiatan di luar tidak memungkinkan. Kamu tinggal mencari tempat yang cukup luas di dalam rumah dan kegiatan yoga pun bisa dilaksanakan.

Berlatih yoga bisa memberikan pengaruh pada kondisi fisik seperti menghasilkan postur tubuh yang lebih baik dan otot yang kuat. 

Namun, menurut Mayo Clinic, latihan pikiran dan tubuh yang lawas juga bisa memiliki banyak potensi manfaat pada kondisi mental dan emosional seperti mengurangi stres dan kemampuan mengendalikan kegelisahaan.

Pemula dapat mencoba yoga dengan gaya lain, seperti yoga Vinyasa yang berfokus pada koordinasi gerak dengan latihan pernapasan dan bisa dilakukan oleh semua orang dan power yoga yang biasanya terdiri dari pose-pose sulit.

Ditambah, ada beberapa cara untuk berlatih yoga secara gratis di rumah dan dengan sedikit alat. Dengan akses internet, kamu bisa membuka YouTube dan mengikuti video yoga yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Membuat Kue atau Memasak

Membuat kue atau memasak memang diperuntukkan bagi para ibu rumah tangga yang selalu stres mengurus anak kecil dan seluruh isi rumah. Namun, sebenarnya, siapa pun bisa melakukan hobi ini. Sudah mencoba membuat roti kukus pisang?

Ada sesuatu dari mengumpulkan bahan, menghabiskan waktu di dapur, dan menciptakan sebuah mahakarya yang bisa dimakan yang, walaupun tidak sempurna, membuat aktivitas memasak atau bikin kue terasa nyaman dan menjadi kegiatan yang disukai banyak orang.

Jika sedang mencari inspirasi dalam membuat kue, kamu bisa mencoba membuat roti loaf dari nol (walaupun tanpa bahan starter sourdough), membuat roti kukus pisang dari resep turun-temurun, atau membuat kue-kue lucu yang terinspirasi dari kartun-kartun masa kecil atau juga odading yang lagi nge-trend baru-baru ini.

Berkebun

Entah itu menanam bebungaan agar kebun terlihat indah atau menanam sayuran dan bumbu masakan, kamu harus mencoba hobi yang mudah dilakukan satu ini.

Belajar cara merawat tanaman, baik itu sukulen yang hanya membutuhkan sedikit air atau herbal seperti kemangi dan daun salam, bisa menjadi hobi yang menenangkan dan menghasilkan.

Berdasarkan perusahaan tanaman The Sill, kamu tidak harus memiliki kebun di luar rumah yang luas untuk mendapatkan hasil dari berada di dekat tanaman hijau. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman dalam ruangan yang katanya membantu menyedot zat racun di udara.

Bahkan, jika kamu memang tinggal di apartemen tanpa ruang yang cukup untuk berkebun, membuat terarium sendiri bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan tanaman hijau ke rumah yang sempit.

Belajar Seni Membuat Kopi

Beberapa waktu lalu, Dalgona coffee, yang berasal dari negeri ginseng menggegerkan dunia. Akhirnya ada banyak orang mulai dari YouTuber sampai yang suka masak membagikan cara membuatnya hingga ada ratusan kreasi dalgona yang beterbaran di internet saat ini.

Katanya, kopi ini dinamai oleh seorang bintang TV Korea Selatan, Jung II-woo, yang mencicipi minuman itu pada Januari dan bilang bahwa itu mengingatkannya pada dalgona, manisan terkenal di Korea.

Minuman itu menjadi populer melalui platform berbagi video TikTok dan menjadi minuman kopi yang paling populer di musim semi itu. Untuk membuatnya, kita membutuhkan kopi instan, gula, air panas, dan susu, ditambah blender, mixer, atau alat pengocok telur manual.

Seorang penikmat kopi, Anneta Konstantinides, mencicipi kopi ini sendiri dan berkata bahwa walaupun dibutuhkan usaha untuk membuatnya, kopi dalgona adalah suguhan yang sangat nikmat, dan proses yang harus dilaluinya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan bagi beberapa orang yang ingin meluangkan waktunya di pagi atau siang hari.

Jika kopi dalgona terlalu menghabiskan waktu, masih ada cara lain dalam membuat kopi yang bisa menjadi ritual yang menenangkan, seperti membuat kopi seduh dingin sendiri, atau menggangi mesin Keurig dengan secangkir kopi French press.

Kalau kamu termasuk penikmati kopi, mungkin inilah hobi yang sedang dicari selama ini.

Belajar Menulis Kaligrafi atau Tulisan Moderen

Melepaskan lelah dengan menulis kaligrafi atau tulisan moderen bagi anak sekolah atau orang yang sering mencatat atau siapa pun juga bisa jadi alternatif, lho.

Cari saja inspirasi dari video YouTube, seniman, dan siapa pun yang membagikan tutorial tentang bagaimana cara melatih tulis-tangan menggunakan marker, bolpen, dan cat air warna-warni.

Jika ingin cara yang lebih tradisional, coba belajar cara menulis dengan bolpen dan tinta kaligrafi.

Coba kirimkan catatan atau surat ke teman, menulis diari, atau membuat catatan kuliah atau kerja sebagai percobaan tulisan tanganmu yang baru. Kamu juga bisa melakukannya untuk sekadar bersenang-senang, kok.

Menyulam

Menyulam bisa menjadi kegiatan yang menenangkan sekaligus kreatif, lho. Jika dulu pernah melakukannya sebagai tugas seni, apakah sampai sekarang kamu masih melakukannya?

Proses sulam-menyulam kain untuk menciptakan desain rumit bisa menjadi hobi menyenangkan bagi orang-orang yang sedang mencari kegiatan yang menyibukkan tetapi kreatif.

Jika kamu belum pernah mencoba kegiatan ini, ada banyak kanal YouTube yang bisa kamu coba. Jika tidak ingin kehabisan kuota, cari saja artikel yang menunjukkan cara dan inspirasi pola sulam yang bisa kamu coba.

Membuat Lilin

Siapa yang masih belum tahu keberadaan lilin aromaterapi? Iya, itu lilin yang biasa dipakai di tempat spa atau yang biasa dinyalakan di samping bath tub untuk relaksasi.

Kalau kamu suka kegiatan kerajinan tangan, cobalah hobi ini. Caranya mudah. Kamu bisa memulainya dengan mendaur ulang wadah kaca bening bekas lilin aromaterapimu atau gelas kaca bundar kecil dan ikuti tutorial yang bisa kamu dapatkan secara bebas di internet.

Tentunya kamu juga akan butuh, wax, air panas, minyal esensial, stik kecil dari kayu, dan beberapa bahan lain yang mau kamu tambahkan yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan kerajinan tangan dan online.

Dari hobi yang mudah dilakukan di atas, mana nih yang cocok dengan kepribadian dan kesukaanmu? Komentar di bawah, ya!

Gambar oleh Please Don't sell My Artwork AS IS dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar