Motret Mainan Outdoor

 Salah satu yang bikin saya terjerumus dalam dunia mainan adalah potensi untuk membuat citra atau adegan yang kita sukai dengan modal mainan tersebut. Bisa dilakukan dengan digital editing atau langsung motret di lokasi.


Saya sendiri, ketika membeli mainan, sudah pasti suka dengan bentuknya, dengan desainnya. Itu kenapa, saya suka langsung memotretnya.


Dulu, sebelum sanggup beli mainan sendiri, saya menyalurkan hobi pencitraan ini dengan cara menggambar figure-figure tersebut. Karena sekarang sudah punya duit, jadi saya membelinya. Yang masih belum sanggup dibeli? Ya digambar atau disimpan saja fotonya. Ha!



Saya suka motret secara kasar. Motret langsung! Nggak usah edit-edit yang ruwet atau semacamnya. Yang jelas, ngedit itu repot dan ruwet!


Karena nggak mau repot, biasanya saya suka motret mainan di luar. Outdoor. Cahaya sudah ada, pemandangan juga sudah siap. Hanya perlu kepekaan dan insting yang tepat untuk mendapatkan momen yang menarik.


Beberapa prinsip saya waktu motret mainan:


1. Fokus

Pastikan fokus kepada objek, terutama detail mainan. Saya sendiri suka dengan mainan yang punya detail kompleks dan bagus. Mainan seperti ini membuat hasil foto kita menjadi lebih artistik tanpa perlu bumbu-bumbu ekstra. Kalau kita mampu menonjolkan detail tersebut, hasilnya akan lebih ciamik!


2. Pencahayaan

Pastikan kita punya pencahayaan yang pas untuk mainan kita. Dengan modal pencahayaan yang bagus, detail mainan bisa terlihat lebih jelas dan keren.


3. Jangan Goyang

Jangan Goyang, bukan Jaran Goyang! Iya, maksudnya waktu motret mainan, jangan sampai goyang. Karena hasilnya bisa jelek. Kalau ada tripod, pakai tripod. Kalau tak ada, usahakan pegang kamera dengan dua tangan.


4. Jernih

Dengan mematuhi faktor-faktor di atas, tentunya jangan sampai hasil foto kamu ngeblur. Pastikan hasil foto kamu hernih, walau hanya bermodalkan hape. Setidaknya tiga aturan di atas sudah cukup untuk membuat hasil potretanmu jernih. Minimal detail mainanmu bisa terekspos.


5. Rule of Thirds

Pakai Rule of Thirds. Apa itu? Cari aja lah yaa di google. Intinya itu komposisi buat ngeletakin objek biar lebih dramatis. Ini bisa ngebantu hasil fotomu yang seharusnya biasa saja jadi terlihat lebih artistik.


Dengan modal lima prinsip di atas, biasanya saya sudah bisa mendapatkan foto yang cukup lumayan untuk disimpan.





Posting Komentar

0 Komentar