Header Ads

Header ADS

Bahagianya Memiliki Hobi yang Non Gawai


Apa kamu bisa menyebutkan beberapa hobi kaum milenial? Update status, stalking instagram selebgram, nulis konten, dan menjadi haters? Jika salah satu dari kelima hal itu sudah ada di benak kamu, maka mungkin kamu termasuk dari kaum milenial itu.

Kelima hal itu berhubungan banget dengan gawai, bukan? Kaum milenial yang lahir di zaman ketika gawai menjadi sangat murah dengan berbagai fiturnya, siapa sih yang tidak mau ikutan tren? Namun, kamu juga pasti tahu kalau terlalu lama menggunakan gawai juga tidak baik. Apalagi di zaman sekarang hampir semua jenis pekerjaan menggunakan gawai. Masih belum lupa dengan online shopping, kan?

Ya, segala hal menjadi serba online. Tentunya ini sangat baik bagi para freelancer yang memilih bekerja dari rumah; dan pastinya mereka membutuhkan gawai dengan koneksi internet.

Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa terus-menerus memegang gawai menjadi sangat membosankan? Kamu jadi tidak bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih produktif selain menatap layar gawai. Mata kamu sering mudah lelah karena radiasi yang dipancarkannya dan sebagainya.

Nah, kalau kamu memiliki keluhan seperti itu, mungkin ini saatnya kamu memulai sebuah hobi yang non gawai.

Apa itu?

Seperti namanya, hobi yang non gawai adalah hobi yang tidak membutuhkan gawai untuk melakukannya.

Tenang saja, kamu tidak perlu takut. Karena pilihan hobi yang ada di bawah tidak akan membuatmu terlihat jadul. Malah beberapa ada yang bisa menghasilkan uang, lho.

Apa saja?

1. Hobi yang Menyehatkan

Ada banyak hobi menyehatkan yang bisa kamu pilih, ada:

Bersepeda
Aku yakin tidak ada yang akan mengatakan kalau hobi ini terlalu mainstream atau jadul. Justru, bakal banyak orang yang mengatakan bahwa olahraga ini keren. Siapa yang tidak akan terlihat keren kalau sudah memakai helm bersepeda, memakai kacamata, sepatu, dan pakaian bersepeda di atas sepeda?

Saat ini, hobi ini banyak digandrungi segala usia, mulai dari remaja sampai orang tua. Bahkan, di Indonesia sendiri club bersepeda sudah ada hampir di tiap kota. Kalau kebetulan di kotamu belum ada atau tempat berkumpulnya yang terlalu jauh, kamu bisa kok bersepeda sendiri dan tetap terlihat keren.

Kalau mau lebih keren lagi, kamu bisa memakai sepeda ketika berangkat ke kampus atau kantor. Selain sehat, kamu bisa membantu mengurangi polusi udara.

Jogging/ Jalan Santai
Dengan semakin banyaknya orang yang memakai motor kemana pun mereka pergi, jogging/ jalan santai akan membuatmu menjadi trendsetter. Kalau ingin tambah keren, pakai sepatu dan kaus kaki olahraga dan pakaian yang sesuai, ya? Selain membuatmu terlihat keren, hobi ini sangat bagus untuk kesehatan jantungmu, lho.

Menari
Apa kamu pernah mencoba mencari tahu cara belajarmu? Kalau kebetulan kamu memiliki kebiasaan belajar visual dan suka bergerak, mungkin kamu bisa mulai hobi ini.

Dance adalah hobi yang mulai menjamur di kalangan pradewasa, terutama dengan masuknya budaya KPOP. Kamu bisa menyesuaikan dance mana yang ingin kamu pilih. Karena selain menyehatkan, hobi ini juga bisa menjadi keunggulanmu, lho. Tidak semua orang bisa dance, bukan?

2. Hobi yang Menghasilkan Uang

Kamu ingin mencoba hobi yang menambah kesibukan, menyenangkan sekaligus bisa menghasilkan uang? Ada banyak.

Menulis
Seperti yang kamu tahu, ada banyak orang sukses yang mulai menulis. Mereka menulis tentang kisah sukses mereka. Ada juga yang menulis tentang motivasi dan sebagainya. Kamu juga bisa.

Kamu bisa menulis novel kalau kamu adalah penggemar novel. Kamu juga bisa menulis quotes tentang kehidupan. Kamu juga bisa menulis tentang tips-tips buat remaja. Intinya kamu bisa menulis apa saja yang berguna untuk banyak orang, bahkan tulisan tentang dirimu sendiri bisa layak jual, lho.

Menulis juga bisa menjadi sarana terapi curhat kalau kamu tidak punya seseorang untuk melampiaskan emosimu atau ketika kamu sedang tidak ingin membicarakan masalahmu dengan orang lain.

Memasak
Kalau kamu suka memasak, tidak ada salahnya menekuni hobi itu dan mengubahnya menjadi uang. Kamu juga pasti tahu bahwa ada banyak sekali tempat kuliner yang baru buka dan laris luar biasa. Kamu kira apa yang melatarbelakangi pemiliknya untuk membuka tempat itu? Tentunya passion. Mereka memiliki passion di bidang kuliner, entah suka membuat atau suka melakukan wisata kuliner.

Kalau kamu ingin menjadi seorang pengusaha, yang sedang digalakkan pemerintah akhir-akhir ini, kamu bisa mulai menjajal peruntunganmu dengan membuka tempat kuliner. Kalau kamu masih terkendala biaya, kamu juga bisa menulis buku seputar kuliner. Simple, kan?

Selain itu, kalau kamu suka bereksperimen, mungkin kamu bisa mencoba membuat menu baru dan menjadikannya kuliner hit.

Menggambar/ Melukis
Kamu pernah melihat buku yang isinya gambar semua? Kamu bisa memulai hobi ini kalau memang kamu suka menggambar dan melukis. Bahkan kalau kamu baru ingin memulai hobi ini, kamu juga bisa menjadi pelukis terkenal suatu saat nanti. Yang penting kamu serius dan tekun menjalani hobimu.

Selain itu, menggambar juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara terapi ketika ada masalah dan kegiatan ketika kamu sedang sangat bosan.

Berkebun
Siapa bilang hobi berkebun tidak akan menghasilkan uang? Kalau kamu suka berkebun dan tahu banyak tentang dunia tumbuh-tumbuhan, kamu bisa memulai bisnis berjualan tanaman. Tidak perlu jauh-jauh untuk menyewa sebuah booth, kamu bahkan bisa memulainya dari rumahmu sendiri. Kamu hanya perlu membeli atau membuat sebuah tempat untuk meletakkan tanaman-tanaman yang akan kamu jual.

Pastikan kamu menjual tanaman yang bisa ditaruh di mana saja. Karena kamu tahu sendiri bahwa pot yang bisa diletakkan di dekat jendela, meja kantor, meja rias, bahkan mobil sedang tren bukan? Pastikan kamu membeli pot catchy dan elegan, ya.

Itu dia beberapa jenis hobi yang bisa kamu pilih. Kamu tentunya bisa memilih suatu kegiatan lain yang menyenangkan buatmu. Dan kalau kegiatan itu adalah kegiatan yang menghasilkan sesuatu, tentu saja itu berpeluang menjadi pundi-pundi rupiah buatmu.

Have fun with your hobbies ^^

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

No comments

Powered by Blogger.