Header Ads

Header ADS

Kesibukan Padat? Tiru 8 Cara Ini Agar Tetap Sehat


Zaman yang serba cepat ini menuntut semua orang untuk bekerja cepat dan efektif, di mana efektif berarti pemadatan kerja.

Penjelasan di atas memang sangat membosankan dan berat. Siapa yang ingin membaca kalimat padat dan penuh dengan kejenuhan? Semua orang ingin membaca untuk refreshing, bukan?

Namun, begitulah adanya. Pekerjaan di zaman sekarang penuh dengan rapat, pertemuan, briefing dan sebagainya disamping menyelesaikan deadline yang mencekik. Sesampainya di rumah, kita masih harus menemani anak mengerjakan PR dan keesokan paginya harus menyiapkan keperluan anak, termasuk mengantar mereka ke sekolah. Rutinitas di kantor pun kembali seperti semula.

Lantas, kapan kita harus berolah raga agar tubuh kita sehat?




Sebuah penelitian mengatakan bahwa berolahraga sebelum berangkat ke kantor memberikan kita energi lebih besar daripada ketika kita tidak berolahraga. Kita tidak perlu melakukan olahraga berat dan lama di pagi hari. Lari pagi sekitar 5 menit saja sudah cukup. Apa hanya itu? Tidak.

Berikut kami menyiapkan 8 cara agar tetap sehat di tengah pekerjaan yang padat.

Buat Rencana

Di hari Minggu, jadwalkan satu atau dua jam untuk menyiapkan sarapan dan bekal untuk keluarga Anda selama seminggu penuh. Walaupun terasa lama, hal itu sebenarnya bisa menghindarkan kita dari berpikir terlalu lama tentang apa yang harus disiapkan hingga waktu habis dan malah membuat makanan yang tidak sehat.

Kita tidak perlu menyiapkan makanan yang susah untuk dibuat. Memotong satu ayam utuh menjadi potongan-potongan kecil untuk satu porsi ayam dan membumbuinya sehingga bisa langsung digoreng ketika dibutuhkan. Kita juga bisa melakukan hal yang serupa untuk daging dan ikan. Untuk makan siang, kita bisa membeli beberapa buah-buahan. Dengan begini, kita bisa mendapatkan makanan sehat setiap hari dan memiliki waktu luang untuk berolahraga.

Manfaatkan Waktu Untuk Berolahraga

Kadang ada hal yang tidak sesuai rencana sehingga menghilangkan waktu kita untuk berolahraga. Jika sudah demikian, manfaatkan waktu Anda selama di kantor untuk berolahraga. Berjalan aktif ke sana-kemari dan naik-turun tangga sudah cukup untuk membuat tenaga Anda bertambah. Jika Anda keluar untuk makan siang, berjalan kakilah jika tempatnya memang tidak terlalu jauh.

Baca Artikel Kesehatan

Membaca artikel kesehatan menjadi penting di zaman di mana penelitian tentang kesehatan terus dilakukan dan diperbarui. Penemuan-penemuan tentang kesehatan yang selalu berbeda dari waktu ke waktu membuat artikel kesehatan menjadi sangat penting.

Bagaimana membaca artikel kesehatan bisa membuat kita sehat?

Banyak sekali artikel kesehatan yang menampilkan postur tubuh orang-orang sehat dan makanan-makanan sehat. Gambar-gambar tersebut secara tidak langsung mengirimkan sinyal pada otak kita agar kesehatan selalu memiliki tempat dalam kehidupan kita. Dengan demikian, kita akan berusaha untuk berperilaku sehat tanpa harus mengusahakannya.

Tidur

Kita sudah sering mendengar bahwa tidur itu penting. Namun, masih ada orang yang tidurnya tidak cukup dan mungkin orang itu adalah Anda.

Kurang tidur mengakibatkan hormon penyebab stress meningkat dan bisa menimbulkan napsu makan berlebih. Jadi, aturlah jam tidur Anda agar tidak kurang dari 5 jam sehari. Niscaya Anda akan melihat perubahan pada tidak hanya pengambilan keputusan yang Anda buat, tetapi juga kesabaran, kualitas olahraga dan kerja.

Bawa Snack

Masih ingat dengan buah-buahan dan lainnya yang telah disiapkan di hari Minggu. Bawa buah-buahan atau kacang-kacangan atau apapun yang telah Anda siapkan untuk snack dan makan siang. Membawa snack sendiri bisa membuat Anda terhindar dari keinginan untuk membeli snack yang ada di toko yang pasti tidak sehat.

Aturan 5 Menit

Kadang kita tidak memiliki waktu walau hanya 5 menit setiap harinya. Namun jika ada, kita bisa menggunakan 5 menit tersebut untuk sekedar ke luar rumah menghirup udara segar dan berjalan-jalan di sekitar rumah atau sekedar menyapa tetangga.

Jangan Memaksakan Diri

Orang sehat adalah mereka yang bisa menemukan keseimbangan hidup. Untuk memiliki tubuh yang sehat, Anda tidak bisa memaksakan diri setiap hari berlari selama 30 menit. Jika itu malah membuat Anda lelah dan terlambat ke kantor, maka Anda tidak lagi bisa melakukan aktivitas itu.

Kadang, kita sudah makan siang tetapi kita masih merasa lapar dan lemas padahal masih belum waktunya makan malam. Jika sudah demikian, kita bisa memakan biskuit yang ada dalam tas walaupun itu bisa melanggar aturan diet sehat.

Intinya, jangan terlalu memaksakan diri untuk menjadi sehat jika masih belum sanggup. Mengubah kebiasaan perlu waktu dan tubuh kita juga butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan sehat kita yang baru.

Terakhir, kenali diri dan kegiatan kita. Kapan kita lelah dan lemas; dan kapan saja kita bisa berlari selama 30 menit.

Gambar oleh Messan Edoh dari Pixabay

No comments

Powered by Blogger.