Header Ads

Header ADS

Fireworks, Should We See It from the Side or the Bottom? [Review]

Ketika melihat film ini, saya langsung teringat dengan perdebatan kau Bumi Bulat dan Bumi datar. Bagaimana tidak, hal yang ditawarkan dalam film ini sama: Kembang api itu datar atau bulat?

Adalah Firework, Should We See It from the Side or the Bottom? sebuah drama yang pada tahun 2017 telah diadaptasi menjadi sebuah anime movie berjudul sama. Untuk versi awalnya sendiri, maka lebih dikenal dengan Fireworks 1993, karena film tersebut memang dirilis pada tahun segitu.
Judul dari film itu sendiri diambil dari konflik utama perdebatan para siswa yang penasaran dengan bentuk kembang api: bulat atau datar? Hal ini membuat saya tertawa karena tentu saja isu tentang bumi itu bulat atau datar bisa kembali menyeruak.

Karena ini film lama,  saya akan menyebarkan banyak spoiler di sini. Spoiler yang sekiranya tetap bisa membuat kalian menikmati jalan cerita Fireworks, Should We See It from the Side or the Bottom?

Film ini sendiri tidak menawarkan jawaban dari perdebatan bentuk kembang api tersebut. Namun, konsep dan drama di dalamnya lebih terasa menonjol.

Berawal dari sekelompok anak laki-laki yang berdebat tentang bentuk kembang api, kemudian atas usul salah satu temannya, mereka memutuskan untuk melihat kembang api dari mercusuar. Karena menurut salah satu dari  kakek mereka, bentuk kembang api bisa terlihat jelas dari samping.

Ternyata menggenapi janji bukanlah hal yang mudah. Di sisi lain, salah seorang dari mereka juga telah diajak oleh gadis yang disukainya untuk menonton kembang api di waktu yang sama.

Film sederhana ini dibalut dengan bumbu fantasi yang begitu menarik. Fantasi kemungkinan paralel jika satu hal tak terjadi dan terjadi hal lainnya. Jujur saja, menurut saya, itulah daya tarik paling kuat di film ini.

Sedangkan mengenai kembang api yang di lihat dari bawah, kamu akan menemukan sebabnya di bagian penutup film ini.

Overall: 7

Alur dan kelembutan yang ditawarkan sangat bagus sebagai bahan pembelajaran bagi seorang pengarang. Bagi yang tengah mengarang roman, baiknya film ini masuk dalam daftar tunggumu.

3 comments:

  1. Mana spoilernyaaaa??? Wiuwiuwiuwiuwiuwiuwiu. Ini juga ada unsur time slipnya ya? Aslinya diadaptasi dari format apa sih? Novel? Komik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tega kasi spoilernya... kwkwkwkw...
      iya... jadi setelah kejadian si cowok kalah balap renang, dia lantas mengandai-andai kalau aja dia yang menang. ternyata waktu balik ke momen balap renang itu dan dia yang menang. di situ sih time slipnya...
      dan dari situ juga muncul kemungkinan/realitas baru...

      Delete
    2. Oh kalau di animenya kurang jelas pengandaiannya. Ada semacam item kelereng kaca. Yang cowok pegang itu terus langsung time slip. Bawa ke Malang yhaa koleksi-koleksimuuuu... Yeheee xD

      Delete

Powered by Blogger.