Manfaat Buah dan Sayur untuk Berbagai Keadaan


Kapan terakhir kali Anda mengonsumsi buah dan sayur?

Mungkin mengonsumsi buah dan sayur merupakan ide yang buruk bagi sebagian orang. Namun, bagi pencinta buah dan sayur itu hal itu sama saja dengan mengonsumsi makanan jenis apapun, terutama bagi mereka yang tidak suka memilih-milih makanan.

Jumlah orang yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah masih tergolong banyak, terutama di daerah perkotaan di Indonesia. Hal ini mungkin dilaterbelakangi oleh orangtua yang belum membiasakan anak-anak untuk makan sayur dan buah. Anak-anak cenderung menyukai permen karena rasanya manis. Itu karena rasa manis permen lebih kuat daripada buah dan sayur. Jika ini tidak dihentikan dengan mulai mengonsumsi buah dan sayur, lidah kita akan terbiasa dengan pemanis buatan yang kuat hingga tidak peka pada rasa manis alami dalam buah. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan ke depannya.

Namun, tahukah Anda bahwa selain memberikan sumber vitamin tertentu, buah dan sayur tertentu memiliki manfaat unik bagi kesehatan yang hampir tidak semua orang tahu. Buah dan sayur apa saja itu?

       1.   Alpukat
Siapa yang tidak suka makan gorengan? Seringkali kita mengisi menu makan siang kita dengan gorengan atau menjadikan gorengan sebagai teman baca buku, nonton film bersama teman, atau bekerja. Kita pun kadang tahu dan paham bahaya mengonsumsi makanan berminyak itu dalam jangka panjang. Namun, entah kenapa setiap kali kita mengonsumsinya ingatan bahaya tentang kolesterol, amandel, dan sebagainya itu hilang bagai angin. Kita tentu lebih fokus pada rasa enaknya daripada bahayanya.

Di sini, saya tidak hendak mencerahami Anda untuk berhenti mengonsumsi gorengan dan makanan berminyak lainnya, tetapi saya hendak membagikan solusi sehat untuk mengurangi bahaya tersebut.

Buah alpukat dikenal mengandung lemak tak jenuh, sedangkan makanan berminyak tentu mengandung lemak jenuh yang diperoleh dari minyak untuk mengolah makanan itu. Tidak seperti lemak jenuh yang akan mengendap dalam tubuh, lemak tak jenuh justru akan menggandeng lemak jenuh yang mengendap tersebut dan menyeretnya keluar dari tubuh dan tidak akan mengendap. Hebat, bukan?

Jadi, bagi pecinta gorengan, sediakan budgetuntuk jus alpukat, ya. ^^ Jika tidak suka alpukat, Anda bisa cari ide kreatif membuat jus alpukat yang enak.

       2.   Jambu Merah
Jika Anda sedang dalam masa perawatan dari sakit DB atau tipus, maka saya sarankan Anda untuk mengonsumsi jambu merah utuh atau jus jambu merah.

Jus jambu merah dikenal dapat meningkatkan trombosit yang dibutuhkan bagi penderita DB dan tipus. Buah ini juga bermanfaat bagi perempuan yang sedang menstruasi atau orang yang terkena anemia.

Selain manfaat tersebut, jambu merah juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi yang diperlukan bagi penderita sariawan maupun flu. Kandungan kolagen dalam buah ini juga membantu kulit Anda awet muda lebih lama.

       3.   Pisang dan Pepaya
Buah apa yang selalu tersedia di meja makan Anda setiap hari? Jika salah satunya adalah pisang atau pepaya, maka saya yakin Anda tidak akan pernah mengalami masalah pencernaan jika mengonsumsinya secara rutin.

Pisang dan pepaya dikenal mampu melancarkan pencernaan dan pendetoksifikasi tubuh alami seperti sifat buah-buahan pada umumnya. Mengonsumsi satu buah pisang atau seiris pepaya ukuran sedang dijamin mampu melancarkan pencernaan Anda dalam tiga hari. Jika mau, Anda bisa membuat Frozen Banana Smoothies yang lezat. 

       4.   Jeruk, Lemon dan mangga
Siapa pun tahu bahwa jeruk dan lemon adalah 2 buah yang menjadi sumber vitamin C. Selain kedua buah-buahan itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah banyak, lho.

Jika Anda sedang sariawan, flu, atau stress, mengonsumsi jeruk, lemon, atau mangga bisa mengurangi sakit itu. Jangan hiraukan rasa perih di bibir ketika air jeruk atau lemon melewati bibir Anda, itu tidak akan seberapa dibanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Jika Anda menginginkan kulit yang cerah, maka mengonsumsi buah-buahan ini setiap hari bisa menjadi alternatif dari produk-produk kosmetik berbahan kimia.

Membawa salah satu dari ketiga buah-buahan tersebut ke kantor juga merupakan pilihan yang bijak. Karena aktivitas yang padat dan tugas yang menumpuk rentan menyebabkan stress. Jika sudah stress, imun akan mudah sekali turun. Jika imun turun, segala jenis virus akan mudah masuk dan membuat kita sakit.

       5.   Anggur Merah dan Apel
Walaupun kita sering melihat anggur merah dan apel di atas meja makan kita, pernahkah kita mengira bahwa kedua hal ini memiliki manfaat yang lebih daripada sekedar pencuci mulut? Kapan Anda mengingat bahwa mengonsumsi salah satu dari kedua buah-buahan ini akan memberikan rasa kenyang walaupun Anda belum makan nasi atau makanan berat lainnya?

Ya, kedua buah-buahan ini sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Mengonsumsi beberapa butir anggur dan beberapa iris apel merah bisa menggantikan menu sarapan kita di pagi hari. Bukankah kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan saja di pagi hari?

       6.   Wortel dan Tomat
Saya yakin Anda semua tahu bahwa wortel adalah salah satu sumber vitamin A yang paling disebutkan dapat memelihara kesehatan mata. Selain itu, ada juga tomat buah yang rasanya manis yang juga mengandung vitamin yang diperlukan oleh para pengguna komputer dan gadget.

Bila Anda menggunakan komputer, laptop atau gadget dalam jangka waktu yang lama, pertimbangkan untuk mengonsumsi jus wortel dan tomat kapan pun Anda sempat. Anda mungkin hanya merasa lelah di kepala atau pundak dan leher, tetapi sebenarnya, mata Anda jauh lebih lelah daripada ketiga anggota badan itu. Jus wortel dan tomat adalah perpaduan sempurna dengan rasa yang manis. Tentunya Anda bisa menambahkan gula jika Anda tidak terlalu suka rasanya.

Sebagai tambahan, hendaknya Anda mengonsumsi buah-buahan di pagi hari sebelum Anda mulai mengisi perut. Karena buah-buahan mudah dicerna tubuh sehingga jika Anda makan dengan makanan berat sebelum mengonsumsi buah, maka buah tersebut akan membusuk di perut dan manfaatnya berkurang.


Stay healthy.. ^^

Gambar diambil dari Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com