8 Kegiatan untuk Mengisi Libur Panjang


Apa yang sudah Anda rencanakan untuk mengisi hari libur? Travelling? Mengunjungi keluarga? Di rumah saja?

Tidak semua orang memiliki acara di hari libur. Beberapa keluarga mungkin akan melakukan wisata bersama keluarga atau acara keluarga lainnya. Beberapa yang lain mungkin akan mengisinya dengan membersihkan rumah. Dan bagi yang lain mungkin tidak mendapatkan ide untuk melakukan aktivitas ketika liburan.

Sebenarnya, ada cukup banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Kegiatan tersebut tidak melulu travelling yang akan mengeluarkan sejumlah besar budget  Anda. Anda juga bisa mengisi liburan dengan kegiatan yang ekonomis dan bermanfaat.

     1.   Me-Time
Kapan terakhir kali Anda melakukan Me-Time?

Me-time adalah waktu sendiri yang bisa dilakukan untuk hal apapun. Walaupun hampir sama dengan kegiatan malas-malasan, Me-time sebenarnya bisa lebih daripada itu.

Jika Anda memiliki waiting list film yang belum Anda tonton, Anda bisa mulai menontonnya. Buku-buku usang yang sudah dulu Anda baca, bisa dibaca kembali sebagai hiburan. Membaca lebih baik daripada tidur-tiduran, bukan? Selain untuk mengisi waktu, membaca juga baik untuk asupan otak agar nalar kita terasah.

Apa Anda suka pergi ke tempat spa?

Di hari libur panjang, untuk apa Anda pergi ke tempat spa? Anda bisa melakukan spa sendiri di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan untuk perawatan wajah, termasuk masker, lulur badan, dan baskom berisi air garam hangat untuk rendaman kaki.

     2.   Olahraga
Jika Anda sangat sibuk hingga tidak ada waktu untuk berolahraga, maka saatnya Anda menggerakkan otot-otot yang mulai kaku itu. Anda bisa memulai pagi dengan jogging di sekitar rumah Anda sambil menghirup udara segar dan bertemu tetangga. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat jika memang belum terbiasa.

Yoga dengan gerakan mudah dan bermeditasi juga bukan hal yang buruk untuk dicoba. Jika ada acara CFD atau jalan santai, pastikan Anda juga mengikutinya. Atau bersepeda, mungkin?

     3.   Menata Ulang Kamar
Jika Anda tidak terlalu suka berolahraga, Anda bisa menata ulang kamar. Di samping Anda akan mendapatkan tatanan kamar yang kreatif, menarik, dan baru, tubuh Anda juga akan bergerak. Gerakan-gerakan kecil seperti memindah barang, memasang hiasan, dan menata meja belajar juga termasuk berolahraga, bukan?

Apa Anda yakin bisa terus menatap kamar dengan tatanan yang sama terus-menerus? Jika Anda memiliki ide kreatif untuk membuatnya menjadi lebih nyaman dan merepresentasikan kepribadian Anda, kenapa tidak dicoba?

     4.   Membersihkan Rumah
Selain menata ulang kamar, membersihkan rumah juga bisa dijadikan alternatif menggerakkan badan. Bahkan menurut sebuah studi, membersihkan rumah akan membuat kita merasa lebih bahagia.

Anda bisa mulai dengan memangkas rumput yang mulai tinggi di pagi hari. Setelah itu, kuraslah bak mandi dan bersihkan sarang laba-laba yang mulai terlihat itu. Bagaimana perasaan Anda setelah melihat rumah Anda menjadi bersih?

     5.   Mencuci Tas & Sepatu
Sepatu dan tas Anda mulai kotor? Sekarang, inilah saatnya untuk mulai membersihkannya.

Cucilah tas dan sepatu kain dengan deterjen seperti biasa, tetapi jangan terlalu banyak. Untuk tas dan sepatu berbahan kulit sintetis, cukup bersihkan dengan sikat. Apakah tas dan sepatu Anda sudah mengkilap?

     6.   Menyalurkan Hobi
Apa saja hobi Anda? Kapan terakhir kali Anda melakukannya?

Jika Anda sudah lupa pada hobi masa kecil Anda yang masih Anda sukai karena kesibukan Anda yang begitu menyita perhatian, hari liburan adalah saat yang pas untuk memulainya lagi.

Jika Anda tidak lagi menyukai hobi tersebut, Anda bisa memulai hobi baru. Menulis; bukan hal sulit untuk dilakukan oleh siapapun. Pastikan hobi ini akan membawa keuntungan bagi Anda. Anda bisa mulai membuat blog tentang sesuatu yang Anda minati.

Kenapa tidak mulai dengan kuliner? Bukankah banyak tempat makan baru yang menyajikan berbagai kuliner yang bisa dituliskan. Bagaimana dengan travelling? Menyebutkan beberapa taman di kota yang belum banyak dituliskan orang juga bisa dijadikan ide tulisan untuk blog Anda lho. Tentu akan lebih menarik jika Anda mulai belajar fotografi dan menghias blog Anda dengan hasil jepretan Anda sendiri. Menarik, bukan? Selain mengisi waktu luang, Anda juga bisa mendapatkan wawasan baru, wisata kecil-kecilan dan jika beruntung, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari sponsor yang meminta Anda menulis untuk mereka.

     7.   Mengerjakan Proyek
Apakah Anda seorang seniman yang telah menelurkan berbagai karya seni, seperti musik, patung, tarian, lukisan, atau yang lainnya?

Jika bukan, apakah Anda ingin memberikan sesuatu untuk diri Anda dalam bentuk sebuah penghargaan karya? Jika iya, maka Anda bisa mulai menulis buku, entah buku fiksi atau non-fiksi. Jika Anda suka memasak, maka Anda bisa membuat buku resep. Jika Anda suka fotografi, Anda bisa menulis tentang bagaimana foto-foto itu didapat dan apa saja kendalanya dan cerita-cerita lainnya. Anda juga bisa menuliskan tentang kehidupan Anda sebagai seorang mahasiswa, pegawai, ibu rumah tangga, atau freelancer.

Selain menulis buku, Anda juga bisa membuat blog pribadi yang berisi tentang segala hal yang Anda sukai dan nikmati. Walaupun di awal pengerjaannya Anda merasa bosan atau lelah untuk mengisinya setiap hari, suatu saat nanti ketika tulisan di blog Anda sudah mulai banyak, Anda akan mulai merasakan seluruh jerih payah yang Anda lakukan untuk semua itu.

     8.   Selebrasi Kecil
Selebrasi tidak melulu soal makan besar dengan mengundang teman-teman. Selebrasi bisa dilakukan dengan membeli bunga untuk menambah koleksi di kebun; menonton film di bioskop; makan di tempat makan baru; pergi ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi; mencoba resep masakan baru; membeli buku-buku baru; dan segala macam hal yang menurut Anda merupakan suatu hadiah bagi Anda. Bahkan jika Anda ingin berbelanja, Anda juga bisa melakukannya. Intinya, lakukan segala hal yang ingin Anda lakukan tetapi belum terlaksana selama hal itu sesuai dengan kondisi kantong dan kesehatan Anda.


Dari semua kegiatan itu, mana yang paling ingin Anda lakukan?

Gambar diambil dari Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com