Kegunaan Mendengarkan Musik yang Mungkin Tidak Kita Sadari

manfaat musik, musik dan produktivitas



Kita sering mendengar tentang manfaat musik yang dapat menenangkan dan merangsang hormon tertentu yang diperlukan tubuh. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa penderita insomnia bisa sembuh dengan mendengarkan musik klasik selama beberapa minggu. Namun, dampak negatifnya juga tidak sedikit yang meliputi: menambah galau, mengakibatkan stress, pusing, dan sebagainya.

Dalam islam, musik juga dijelaskan berhukum makruh asalkan tidak mengeluarkan kita dari syariat yang ditentukan, membuat kita lupa beribadah, mengundang syahwat, lirik lagunya mengandung unsur-unsur menyekutukan Tuhan, dan sebagainya. Sehingga saya merasa bisa membahas kegunaan musik dengan lebih santai.

1.   Melepaskan Diri Dari Toxic People
Jika ada yang belum tahu tentang toxic people, perkenankan saya menjelaskannya sedikit. Seperti katanya yang secara harfiah bisa diartikan sebagai orang racun, maka memang demikian lah adanya. Orang ini selalu membuat orang berpikir negatif, merepotkan kita, tidak bisa diandalkan tapi memaksa ketika butuh pertolongan, selalu menganggap orang lain salah, tidak mudah menerima, dan sebagainya. Karakter seperti ini banyak dijumpai pada diri seorang bos yang buruk atau teman yang suka bergosip.

Untuk menghindari diri dari meracuni hati, kita bisa melakukannya dengan fasilitas headset. Kapan pun Anda merasa bahwa dia akan segera mendekat, atau sebelum Anda bertemu dengannya, pasang headset. Sehingga dia tidak akan terlalu berbicara banyak dengan Anda dan segera pergi.

Kadang, kita tidak bisa mengatakan secara blak-blakan di depan orang yang menurut kita menjenuhkan seperti menyebarkan rumor-rumor yang masih harus diperiksa kebenarannya. Berkata halus juga masih terasa menyakiti dan kita tidak mau melakukan itu. Maka, cara ini adalah cara menghindar yang ampuh yang tidak akan menyakiti, tetapi dapat membuat orang racun itu tidak enak sendiri dan pergi.

2.   Mengusir Kejenuhan
Siapa yang tidak akan merasa jenuh melakukan perjalanan panjang sendirian atau bersama teman lain, tetapi kehabisan topik? Malah kadang ada juga yang tertidur dan tidak menghiraukan keadaan kita yang sangat bosan tetapi tidak bisa beristirahat di atas kendaraan yang selalu bergoyang dan melompat ketika melewati jalan yang tidak rata. Maka mendengarkan musik bisa membantu.

Terlalu bosan juga bisa menimbulkan stress, apalagi jika waktu sampai masih terbilang lama dan pemandangan di tepian jalan kurang bisa menghibur. Jika sudah stress, memainkan musik sambil bernyanyi bisa menjadi salah satu alternatifnya. Menyanyi hampir sama dengan melampiaskan emosi yang terpendam dan ingin keluar. Emosi itu harus disalurkan ke suatu bentuk komunikasi seperti percakapan atau sesuatu yang membutuhkan gerakan mulut dan suara yang dikeluarkan. Dengan suara yang keluar itu, rasa stress dan bosan seketika bisa berkurang.

3.   Menghalau Pikiran Negatif
Ini hampir sama dengan poin nomor satu. Jika kita berada di dekat orang yang selalu mengomel, bergosip, dan meracaukan hal tidak jelas di samping kita, maka mendengarkan musik dengan headsetbisa membantu.

Kita tentu tidak bisa menghindari dari berpikir negatif karena lontaran negatif orang-orang yang sedang mengomel dan sebagainya. Toh, mereka tidak meminta solusi pada kita. Jadi, tentu saja memilih untuk tidak mendengarkan ocehan mereka adalah sesuatu yang sah. Hal ini bukan berarti kita tidak menaruh simpati terhadap mereka. Memberikan simpati bukan dengan mendengarkan ocehan negatif menambah beban pikiran kita, tetapi dengan memberikan solusi ketika mereka membutuhkannya. Sedangkan orang yang mengoceh cenderung tidak membutuhkan dan meminta solusi dari siapa pun. Sehingga kita tidak perlu terlibat dalam masalah yang diocehkannya.

Kadang, sabar saja tidak cukup untuk menghindari hal di atas. Dibutuhkan sesuatu yang menghentikan pikiran dan pendapat negatif kita dari hal-hal yang dibicarakan. Termasuk keinginan untuk membentak karena suara yang terlalu jelas terdengar sementara kita berada di tengah kesibukan.

Dari ketiga hal itu, mana yang pernah atau sering Anda lakukan dan mana yang belum pernah Anda lakukan?

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com