3 Menu Sarapan yang Mudah Dibuat dan Sehat

Untuk Anda yang memiliki jam padat hingga kadang tidak punya waktu untuk sarapan, ini bisa jadi pilihan menu sarapan yang mudah, tapi tetap sehat yang bisa Anda praktikkan sendiri di dapur Anda.

Dalam tulisan berikut, saya mencantumkan kata “cepat” karena resep ini hanya menggunakan sedikit bahan dan waktu.

Di pagi hari, kita membutuhkan energi untuk memulai aktifitas. Energi itu bisa didapat dari protein dan karbohidrat. Namun, kita juga harus menghindari makanan yang termasuk “sugar crash” yang berarti makanan yang kaya gula dengan tambahan gula, seperti pancake, muffin, dan donat. Roti putih juga termasuk dalam kategori ini. Maka, di sini saya menyarankan Anda untuk menggunakan roti gandum. Makanan yang tergolong “sugar crash” akan cepat menyerap energi kita sehingga energi yang baru kita dapatkan itu langsung habis dan membuat Anda cepat lelah dan lemas. Tentu hal itu tidak baik untuk Anda yang memiliki kesibukan padat dengan aktivitas tinggi, kan? Kira-kira itulah yang menjadi definisi “sehat” di sini.

Saya akan menyajikan resep dari tingkatan yang paling mudah hingga agak sulit. Namun, tenang saja, tingkat kesulitan ini masih tergolong sangat mudah.

1.   Oatmeal
Untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi bubur ayam, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal. Oatmeal ini adalah gandum utuh di mana kandungan serat yang didapat dari kulit arinya tidak dibuang. Berbeda dengan beras putih yang menjadi bahan utama bubur ayam yang sudah mengalami proses pembuangan kulit ari dan pemutihan.

Serat gandum yang terdapat dalam kulit arinya, selain berfungsi untuk melancarkan pencernaan, juga berfungsi untuk mempertahankan rasa kenyang. Serat membuat pencernaan kita memproses makanan dalam waktu yang lama karena sulit dicerna sehingga makanan dalam lambung tidak cepat habis.

Untuk membuatnya, Anda bisa membeli gandum instan atau gandum yang harus dimasak terlebih dahulu di toko-toko. Jika Anda membeli gandum instan, Anda hanya perlu mendidihkan air atau memanaskan air dalam water dispenser beberapa saat lalu menuangkannya ke dalam mangkuk yang sudah berisi 4 sendok makan oatmeal dan susu bubuk tinggi protein atau susu kedelai. Anda juga bisa mencampurkan susu kedelai cair hangat langsung dengan oatmeal. Juga mau, Anda bisa menambahkan buah-buahan sesuai selera.

Untuk membuat bubur gandum dengan cara dimasak, Anda perlu mendidihkan air sesuai takaran dalam kemasan, lalu memasukkan 4 sendok oatmeal sambil terus diaduk hingga menjadi adonan yang agak kental. Jika Anda menggunakan susu dengan protein tinggi atau susu kedelai, Anda hanya perlu memanaskan susu kedelai tersebut, jangan sampai mendidih, lalu diikuti butir gandum. Saya lebih menyukai cara ini karena menghasilkan bubur yang lembut dan lebih banyak.

2.   French Toast
Seperti yang saya paparkan di atas, kita sebaiknya menggunakan roti gandum untuk membuat resep ini. Karena sebagaimana gandum, roti gandum ini tidak mengandung banyak gula atau “sugar crash” seperti pada roti putih sehingga tidak akan menyerap tenaga kita.

Pertama, siapkan beberapa lembar roti gandum sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menambahkan beberapa untuk dijadikan bekal di perjalanan atau memang Anda berniat membawanya ke kantor. Tidak ada alasan untuk tidak makan jika sudah begini, kan?

Lalu, kocok dua butir telur yang akan dijadikan bahan celupan dan tambahkan perasa sesuai selera. Anda bisa mencampurkan bubuk kopi, susu bubuk, vanilla, bubuk kayu manis, atau lainnya. Setelah tercampur rata, celupkan roti gandum ke dalamnya, lalu panggang di atas penggorengan hingga berwarna coklat keemasan.

Jika Anda mau, setelah roti dicelupkan ke dalam kocokan telur, Anda bisa melapisinya dengan tepung gandum yang bisa didapat dengan mem-blender­ gandum utuh. Setelah itu, baru Anda panggang hingga gandum berwarna kecoklatan.

3.   Frozen Banana Smoothies
Jika Anda suka mengonsumsi buah di pagi hari, resep ini mungkin cocok untuk Anda. Untuk resep ini, Anda harus membekukan dua buah pisang semalaman. Paginya, masukkan dua pisang tersebut ke dalam blender dan tambahkan sedikit air hangat. Setelah menjadi bubur, masukkan susu bubuk tinggi protein, dan selai kacang. Konsumsi segera atau Anda bisa membawanya ke kantor di dalam botol smoothies Anda.

Ketiga resep tersebut hanya sedikit dari seluruh resep sarapan mudah dan sehat yang Anda. Anda juga bisa melakukan eksperimen dari ketiga ide tersebut. Dari ketiga resep di atas, mana yang paling sesuai untuk Anda?

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com