3 Game House yang Terlalu Menarik untuk Dilupakan


Seperti judul di atas, saya memang hendak mengulas beberapa game yang mungkin pernah kita dengar bahkan mainkan.

Dalam dunia permainan yang terus diberondong dengan permainan-permainan baru dan lebih menarik, ketiga game ini tidak akan bisa dilupakan begitu saja. Dengan visual yang menarik dan tantangan semakin menggigit setiap kali naik level, kegita game ini masih layak untuk dimainkan, disamping MMORPG atau RPG yang memang dibangun untuk membuat pemainnya ketagihan.

Bicara tentang MMORPG dan RPG, ketiga game ini tidak termasuk keduanya. Ketiganya hanya tergolong Game House alias game yang bisa dimainkan untuk hampir semua usia karena tidak mengandung kekerasan dan tidak membuat ketagihan.

1.   Garden Defense



Mungkin beberapa dari kita belum pernah mendengar game ini. Game yang tergolong Action ini adalah game mempertahankan kebun dari serangan hama. Caranya, kita hanya perlu menata beberapa gnome, cupid, dan pink flamingo.

Gnome dalam game ini memanggul senjata yang dapat menyerang hama lewat dengan peluru-pelurunya. Cupid bisa mengeluarkan air yang akan memperlambat jalan dan mengurangi kekuatan hama yang melintas di atas tanah yang basah akibat air itu. Sementara flamingo bertugas memperlambat dan mengurangi kekuatan hama terbang, seperti kupu-kupu dan lalat. Yang menarik dari gadget ini dan yang tidak dimiliki pembasmi hama lain, mereka bisa dimutahirkan dengan kekuatan yang lebih besar hingga bisa menjadi sosok berbeda. Gnome bisa menjadi penembak roket, cupid bisa menembakkan panah-panah pada semua jenis hama, dan pink flamingo juga bisa mengibaskan angin untuk memperlambat dan mengurangi kekuatan segala jenis hama.

Setelah kita berhasil melewati tiga level di tempat yang sama, kita akan menuju tempat baru. Di tempat kedua ini, kita akan menggunakan tanaman untuk menyerang hama-hama tersebut. Terdapat bunga matahari, bunga terompet, dan kaktus dengan tugas masing-masing. Bunga matahari memiliki tugas yang sama dengan gnome yang akan memuntahkan biji bunga matahari untuk membunuh hama. Sedangkan bunga terompet akan mengeluarkan bau yang tidak disukai hama merayap dan melata. Sementara kaktus akan menembakkan duri-durinya pada hama terbang.

Di tempat ketiga, kita akan mulai menggunakan hewan lain untuk menghalau hama-hama itu. Ada hewan yang akan mengangkat dan membawa terbang hama-hama yang lewat. Ada hewan yang bisa berduel dengan beberapa hama sekaligus. Serta ada hewan yang berduel hingga kapasitas tertentu.

Tidak kalah dengan game strategi lain yang lebih berat, untuk memainkannya Anda harus mengatur strategi jitu agar kebun Anda bisa mempertahankan kebun Anda.

2.   Zuma

Saya yakin hampir semua orang pernah memainkan permainan ini, termasuk Anda. Game yang termasuk puzzle ini sudah ada sejak awal tahun 2000 dan sudah dimainkan oleh banyak orang.

Terdapat 13 level dengan masing-masing 5 stage. Ketika pertama Anda bermain, di halaman awal Anda akan diminta memasukkan nama, lalu memilih menu Adventure. Di layar yang baru tersebut, Anda akan melihat tiga kuil dengan tiga pintu, masing-masing. Anda harus menyelesaikan 5 stage di tiap pintu untuk bisa membuka pintu selanjutnya. Jika Anda berhasil membuka seluruh pintu di ketiga kuil tersebut, maka kuil keempat akan muncul dari dalam tanah dengan 3 pintu yang harus Anda masuki. Jika sudah membuka seluruh pintu, Anda akan dibawa ke langit untuk menyelesaikan level yang tersisa. Berbeda dari level lainnya, di level ini Anda tidak akan melihat alur jalannya bola.

Dalam permainan ini, Anda hanya perlu melemparkan bola ke rangkaian bola dengan warna yang sama untuk memendekkan rangkaian bola. Semakin cepat Anda melakukannya, semakin besar kemungkinan Anda menang.

Di tengah-tengah permainan, kadang ada bola-bola spesial. Ada bola dengan fungsi bom di mana jika Anda berhasil menghilangkan rangkaian warna yang sama dengannya, bom akan meledak dan menghancurkan beberapa bola di dekatnya. Ada juga bola dengan fungsi mundur yang akan membuat bola-bola itu berjalan mundur beberapa saat, lalu maju kembali. Serta ada pula bola yang membawa fungsi panah yang bisa mempermudah Anda membidik sasaran dengan tepat.

3.   Plant VS Zombie



Permainan yang telah menjadi game of the yearbeberapa tahun ini juga sudah memiliki seri yang kedua, seperti kedua game sebelumnya. Namun, seri yang kedua ini hanya bisa dimainkan di gadget, seperti ponsel pintar dan tablet. Untuk pengguna Android, Anda bisa mengunduhnya melalui PlayStore dengan kata kunci Plant VS Zombie 2.

Permainan Arcade ini termasuk game strategi yang akan menentukan masa depan otak Anda, hehe. Yah, jika Anda gagal menghalau para zombie untuk masuk ke dalam rumah, maka para zombie tersebut akan memakan otak penghuni rumah itu dan permainan harus dimulai lagi. Untungnya permainan ini tidak menggunakan fitur pengurangan atau penambahan nyawa setelah “game over” sehingga kita bisa terus memperbarui strategi dengan memasang tanaman-tanaman yang sesuai untuk menghalau musuh-musuh itu. Untuk memudahkan dalam pemilihan tanaman, sebelum bermain kita akan melihat zombie-zombie jenis apa yang akan muncul karena setiap zombie membutuhkan tanaman khusus untuk melumpuhkannya.

Dari ketiga game tersebut, mana yang paling Anda suka atau ingin mainkan? 


*****


Gambar diambil dari cloudfrontamazonwikimedia, dan wikimedia

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com