Hobi Kreatif Ini Wajib Kamu Coba Sekarang Juga

Selamat datang ^^

Di tahun yang penuh dengan kegiatan rumahan ini, bagaimana keadaan kalian? Apakah hobi kalian sesuai dengan kondisi sekarang? Ataukah kalian menginginkan hobi baru yang bisa dilakukan secara indoor?

Jika kalian adalah golongan makhluk rebahan, tidakkah kalian merasa bosan seharian menonton televisi atau kanal YouTube? Tidakkah kalian ingin melakukan hal produktif tetapi tidak terlalu mengubah "kebiasaan" kalian?

Jangan khawatir, kalian berada di tempat yang tepat. Sebentar lagi kalian akan mempelajari hobi baru yang menyenangkan dan membuat kalian lebih produktif. Siapa tahu hobi itu bisa memberikan ide bisnis?

Lagipula, banyak orang sudah membuktikan bahwa melakukan hobi membuat kalian menjadi pribadi yang lebih menarik, membangun kepercayaan diri, dan mengurangi stres. Bahkan - dalam kasus tertentu - hobi bisa meningkatkan karir.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Occupational and Organizational Psychology, memiliki hobi kreatif memberikan hasil positif terkait kinerja seseorang, seperti kreativitas kerja dan kemauan menambah peran.

Jika kalian ingin menyingkirkan kebosanan dan mengisi ulang kembali tenaga, cobalah beberapa hobi keren berikut.

Belajar Fotografi


Hobi kreatif

Jika ingin menghidupkan kreativitasmu kembali, cobalah belajar fotografi. Dengan belajar fotografi kamu bisa belajar keterampilan baru dan bermanfaat. Selain itu kalian juga bisa mendokumentasikan semua momen penting dalam hidupmu.

Tidak perlu khawatir. Belajar fotografi tidak berarti harus memiliki kamera mahal nan canggih. Bahkan, kamera ponsel saja sudah cukup untuk membuatmu menjadi fotografer andal. 

Coba carilah tempat kursus fotografi di sekitar tempat tinggalmu. Jika tidak ada, internet menyediakan banyak tutorial pengambilan gambar dari orang-orang yang sudah ahli di bidangnya.

Belajar Desain

Setelah belajar fotografi, keterampilan desain dapat menyempurnakan semuanya. Fotografi dan desain menghasilan sebuah produk yang sangat diminati di abad ini.

Desain adalah keterampilan yang sulit dipelajari. Membutuhkan waktu lama hingga seseorang benar-benar bisa menghasilkan produk desain yang bisa diminati oleh semua orang.

Seiring berjalannya waktu, teknologi menjadi semakin canggih. Sudah ada banyak pengembang membangun aplikasi desain yang membantu orang - bahkan yang tidak mengerti desain sekali pun - menciptakan desain untuk merek atau hobi seni mereka.

Ditambah lagi, semua aplikasi itu kini juga sudah bisa dinikmati oleh pengguna ponsel pintar. Tentunya ini berita bagus bagi kalian yang tidak ingin ribet menghidupkan PC atau laptop untuk sebuah kesenangan, bukan?

Berkebun

Berkebun mungkin dianggap lebih cocok untuk perempuan. Namun sebenarnya, hobi ini tidak membatasi gender.

Berkebun memiliki banyak manfaat, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di ScienceDirect, berkebun membantu meningkatkan kualitas hidup, kehidupan bermasyarakat, dan mengurangi gangguan mood. Jadi, hobi ini paling tepat bagi kalian yang sudah sangat suntuk dengan kegiatan dalam ruangan.

Jika tidak memiliki lahan luas, ada banyak tutorial berkebun dalam ruangan. Kalian tinggal memilih tanaman yang cocok ditumbuhkan dalam ruangan dengan sedikit cahaya.

Suka memasak? Bagaimana dengan menanam bumbu-bumbu dapur di dalam rumah?

Membuat Blog

Membuat blog sudah sering menjadi pilihan orang dalam memulai sebuah hobi, terutama mereka yang suka menulis. Namun, ada juga beberapa orang yang masih ragu memulainya.

Membuat blog bisa menjadi salah satu hobi kreatif untuk membagikan pendapat dan tips pada orang lain tentang hal yang kalian tekuni.

Mengurus anak adalah hal yang sangat merepotkan bagi para ibu muda. Kalian bisa membantu para ibu muda itu dengan tips yang kalian lakukan untuk mengatasi segala permasalah seputar pengasuhan anak.

Blogging juga bisa menjadi pemasukan pasif yang menyenangkan jika kalian sudah memonetasinya. Selain itu, kegiatan ini bisa membantumu membangun personal branding. Jika kalian adalah seorang penulis, tulisan dalam blog bisa menjadi portofolio hidup untuk peningkatan karir.

Melakukan Podcast

Di Indonesia, Podcast sudah menjamur akhir-akhir ini. Entah siapa yang memulainya, tetapi publikasi ini masih belum dikenal Indonesia beberapa windu lalu.

Podcast adalah cara lain untuk mengungkapkan pendapat atau memberikan nasihat bagi orang yang suka berbicara. Bagi beberapa orang, menulis adalah hal yang melelahkan karena mereka harus mematuhi kaidah penulisan dan sebagainya. Sementara hal tersebut tidak perlu dilakukan dalam komunikasi lisan.

Memulai Podcast tidak harus dilakukan dengan memilih topik berat. Sama saja seperti menulis artikel di blog, topik apa saja bisa dibicarakan di Podcast. Bahkan, kalian bisa mengomentari acara TV, film, dan buku dan mengunggahnya ke internet.

Melakukan hobi ini bisa meningkatkan kemampuan kalian menyampaikan ide ke khalayak luas dan juga mengembangkan kemampuan berbicara di depan masyarakat. Walaupun kalian hanya melakukan Podcast dan merekam suara sendirian di kamar, itu bisa meningkatkan kepercayaan diri kalian, terutama dalam hal berbicara.

Bagaimana? Apakah kalian sudah menemukan hobi yang diinginkan?

Kalau belum, jangan khawatir. Ada banyak aktivitas di luar sana yang bisa dijadikan sebagai hobi kreatif, seperti belajar bahasa asing dan membuat action figure. Lakukan semua yang kalian inginkan untuk meningkatkan mood juga karir.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar