10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata adalah salah satu dari sekian banyak hal yang perlu disyukuri. Dengannya, kita dapat melihat dan menikmati suasana. Bahkan dalam beberapa kejadian kita bisa mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan dengan penglihatan itu.

Sayangnya, masih banyak orang kurang peduli akan kesehatan penglihatan mereka. 

Sebagai salah satu organ paling sering digunakan, manusia sering melupakannya. Hingga secara mendadak masalah besar terjadi pada mata.

Agar hal tersebut tidak terjadi padamu, berikut tips untuk menjaga kesehatannya.


kesehatan mata

Memakai Sunglasses

Kenapa banyak orang memakai sunglasses ketika di pantai? Apakah hanya sekadar bergaya? Mungkin. Namun lebih daripada itu, mereka sedang berinvestasi dalam menjaga kesehatan penglihatan.

Sinar UV bisa mempercepat proses perusakan mata, seperti katarak, degenerasi makula (makula adalah suatu area di retina) dan kanker. Selain bagus untuk menjaga kesehatan mata, sunglasses juga bisa mencegah terbentuknya keriput.

Ketika membeli kaca mata, usahakan membeli dari toko optik serta pastikan ia mampu memberikan 100% perlindungan dari sinar matahari.

Membeli kaca mata murah, selain tidak memberikan perlindungan dari sinar matahari, juga malah merusak mata. 

Gunakan sunglasses kapan pun ketika matahari sangat terik serta kapan pun ketika kamu harus keluar siang hari.

Lakukan Perlindungan Sedini Mungkin

Bila sering melihat banyak orangtua membiarkan anak-anak mereka bermain di pantai tanpa kaca mata sedangkan mereka sendiri mengenakannya, jangan ditiru. Bila orang tua membutuhkan kaca mata, apalagi anak-anak.

Katarak, degenasi makula, juga kanker bisa jadi berhubungan dengan usia. Namun, kanker kulit sekitar area mata bersifat kumulatif. Artinya, semakin lama mereka akan semakin memburuk.

Oleh karenanya, melindungi mata sedini mungkin lebih baik.

Rutin Periksa Mata

Sejak usia dua tahun, sebaiknya kalian rutin memeriksakan kesehatan penglihatan tiap dua tahun sekali walaupun tidak menderita minus atau plus. Kalau sering periksa gigi, tentu periksa mata tidaklah sulit.

Dokter mata dapat mengidentifikasi glukoma (sering disebut maling penglihatan karena tidak menunjukkan tanda-tanda hingga sudah mencapai stadium empat ketika kerusakannya sudah parah) sebelum terbentuk.

Glukoma disebabkan oleh penggumpalan cairan dan tekanan dalam mata. Jika tak diobati akan mengakibatkan tunnel vision hingga kebutaan.

Pemeriksaan mata akan mengidentifikasi perubahan tekanan sedini mungkin sehingga keadaan tersebut dapat ditanggulangi, jika perlu, dengan penggunaan obat tetes mata.

Dokter mata bisa menemukan tanda awal katarak, degenerasi makula, tekanan darah tinggi, kanker, serta diabetes. 

Mereka juga bisa mendiagnosa masalah ringan seperti mata kering, blepharitis (kelenjar air mata tertutup hingga mengakibatkan peradangan pada kelopak mata), juga infeksi.

Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Manusia membutuhkan asupan antioksidan yang cukup untuk kesehatan mata. Kedua bahan makanan itu adalah sumber antioksidan terbaik.

Penuhi kebutuhan sayuran hijau serta beragam warna sebanyak mungkin. Bila ada anggota keluarga mengidap penyakit degenerasi makula, mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan karotenoid lutein perlu dilakukan setip hari. Asam lemak esensial Omega-3 pun baik untuk produksi air mata.

Jangan Remehkan Mata Kering

Satu dari sembilan perempuan berusia 50 tahun ke atas memiliki masalah mata kering. Penyebab terbesarnya adalah kelelahan mata akibat terlalu sering menatap layar, kemudian diikuti oleh tidak menggunakan resep dokter.

Umumya, mata berkedip sebanyak 18 kali per menit. Namun, ketika menatap layar, angka itu berkurang hingga menjadi empat kali saja.

Guna melindungi lapisan mata, mata mengering hingga terasa kasar dan lelah. Hal ini dapat memengaruhi penglihatan, kesehatan, serta stamina kerja.

Bila itu terjadi, segera kunjungi dokter mata agar penyebabnya segera dapat diketahui sehingga mereka bisa menuliskan resep untuk obat tetes mata, krim, atau gel.

Gunakan Obat Tetes Mata yang Tepat

Hindari kandungan pengawet pada obat tetes mata karena dapat memproduksi air mata berlebih serta memperburuk mata kering.

Cari kandungan hyaluronic acids atau mintalah rekomendasi dari dookter mata. Jangan pernah gunakan obat tetes melebihi tanggal kedaluarsanya. 

Bila sering sakit mata, gunakan setiap hari sebelum mulai bekerja.

Patuhi Aturan 20/20/20

Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat objek yang berada dalam jarak 20 kaki kemudian kedipkan mata 20 kali.

Ingat! Bila Baik Bagi Jantung, Baik Pula Untuk Mata

Selain buruk untuk paru-paru, kebiasaan merokok juga buruk buat mata. Perokok memiliki kemungkinan empat kali lebih besar menderita degenerasi makula.

Lakukan olahraga rutin guna menjaga kesehatan jantung serta menjaga berat badan.

Berhenti Meminjam Kaca Mata Baca Orang

Jangan pula memakai kaca mata murah langsung pakai. Kaca mata perlu digunakan sesuai penggunanya dan resep dokter. Penggunaan sembarang malah akan merusak penglihatan.

Beli Maskara Murah!

Maskara adalah sumber kuman. Sebagian besar infeksi mata disebabkan oleh kebiasaan kurang higienis. Dengan membeli maskara murah, kalian tidak akan keberatan membuangnya setelah tiga bulan.

Bila kamu memakai kaca mata, jangan pernah gunakan lebih lama dari seharusnya. Bersihkan dengan benar. Jangan lupa cuci tangan.

Jangan lupa bersihkan makeup mata, jika tidak, ia akan menyumbat kelenjar air mata sehingga mengakibatkan blepharitis dan air mata keluar berlebihan.

Cara membersihkannya pun perlu diperhatikan. Pijat lembut di sepanjang garis bulu mata secara melingkar.

Itulah 10 tips menjaga kesehatan mata. Semoga membantu.

Sumber: https://www.healthy-magazine.co.uk/10-healthy-sight-habits/

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar