Header Ads

Header ADS

Mendekap Ketegangan Menonton A Quiet Place


Jika biasanya saya hanya menggunakan kata "sh*t" untuk mengumpat, maka kali ini saya akan menambahakan kata "Holy" di depannya untuk mewakili perasaan saya setelah menonton A Quiet Place.

Film yang mulai tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 6 April ini disutradarai oleh John Krasinksi. John juga berperan sebagai Lee bersama istrinya Emily Blunt serta 3 selebriti cilik lainnya. Film bergenre thriller ini telah mendapatkan banyak respon positif dari beberapa selebriti Amerika yang sudah menonton film ini. Bahkan, master cerita thriller Stephen King pun mengakui A Quiet Place sebagai “extraordinary.” Itu pujian yang sangat besar dari seorang master di bidangnya.

Seperti judulnya, film ini berlatar belakang sebuah tempat yang sangat sepi. Bahkan, bisa dikatakan hampir tidak ada suara. Hal ini tidak hanya terjadi di tempat itu saja, tetapi juga seluruh dunia. Kenapa? Bukan karena hantu, melainkan alien.

Well, hal itu memang terdengar klise dan membosankan. Alien dan zombi hampir selalu menjadi antagonis di setiap film sci-fi thriller Hollywood. Namun, semua film tentang alien yang pernah dikeluarkan Hollywood tidak sama dengan A Quiet Place – kecuali perwujudan aliennya yang hampir terlihat sama dengan beberapa film sebelumnya. 

Jika sebagian besar film menceritakan tentang tokoh utama yang berhasil menumpas atau mengusir alien, maka A Quiet Place membiarkan ceritanya mengambang tanpa diketahui apakah semua alien yang diceritakan mati atau kembali ke tempat asalnya. Perbedaannya masih belum berhenti di situ. Film-film tentang alien pada umumnya menampilkan pasukan yang berusaha menumpas alien dengan senjata dan alat tempur yang tangguh dan mengeluarkan banyak suara berisik, dan orang-orang yang berteriak dan lari ketakutan. Jika hal itu sudah ada dalam bayangan Anda, maka Anda harus kecewa karena, seperti yang saya sebutkan di awal, film ini hampir tanpa suara.

Lalu, bagaimana plot berjalan dan bagaimana penonton tahu apa yang sebenarnya terjadi? Itulah yang membuat John langsung mendapatkan tawaran proyek baru setelah menyutradarai film ini.

A Quiet Place bercerita tentang sebuah keluarga yang bertahan hidup dari alien yang menyerang sumber suara. Keluarga yang terdiri dari lima orang anggota itu adalah salah satu dari beberapa keluarga lain yang masih bertahan di sekitar tempat tinggal mereka. Mereka harus melakukan segala aktivitas dalam keheningan, termasuk berhati-hati ketika berjalan agar tidak menginjak ranting pohon atau apapun yang menimbulkan suara. Segala sesuatu harus dilakukan tanpa menimbulkan suara karena jika ada suara yang cukup keras, walau sebentar, alien buta yang memiliki sensitivitas yang tinggi pada suara itu akan segera datang dan dengan cepat menghabisi sumber suara.

Untuk menciptakan atmosfer yang menegangkan, film yang berdurasi 95 menit ini tidak berfokus pada kengerian wajah alien dengan lendir-lendir yang menggelikan, tetapi lebih kepada ketegangan ketika aktor harus selalu menahan diri dari membuat suara sekecil apapun. Untuk informasi, A Quiet Place sudah berhasil menyita perhatian penonton sejak pertama kali dimulai dengan menciptakan suasana yang amat sangat hening dengan keganjilan yang menimbulkan tanda tanya: apa yang terjadi?

Pertanyaan itu segera terjawab ketika (SPOILER) anggota termuda keluarga itu dihabisi oleh alien setelah dia menyalakan mainan pesawatnya. Sejak saat itu, ketegangan sudah semakin nyata dan tingkatnya tidak akan kembali ke angka nol hingga film selesai. Keluarga itu masih harus menghadapi masalah-masalah lain, termasuk anak sulung yang tidak bisa mendengar dan Evelyn (Emily) yang harus melahirkan tanpa memancing serangan alien. Lalu, apa saja yang dilakukan keluarga itu untuk bertahan hidup dan bagaimana A Quiet Place berakhir? 

Film yang hanya berlatar waktu 3 hari ini sangat saya rekomendasikan bagi penggemar film thriller yang ingin menikmati tayangan yang berbeda daripada film-film alien yang pernah tayang sebelumnya. Pastikan Anda menonton A Quiet Place di bioskop untuk mendapatkan seluruh sensasi yang Anda harapkan.


Gambar diambil dari Sindo

No comments

Powered by Blogger.