Makanan Jepang di Hayaku Resto, Surabaya


Tulisan ini masih berkaitan dengan makanan. Namun, ulasan saya kali ini akan berbeda dari sebelumnya yang mencoba makanan dari brand yang sudah terkenal. Kali ini, saya mencoba menu di resto Jepang bernama Hayaku. Dan sepertinya, pemiliknya adalah penduduk lokal.

Hayaku Resto terletak di deretan ruko No. II C di daerah Sukolilo, tepatnya di Jl. Merr Kalijudan, Medokan Semampir. Resto yang menjual yakiniku ini berukuran cukup kecil sehingga mudah untuk terlewat jika Anda berkendara cukup kencang. Selain itu, tempat makan ini hanya terdiri dari empat meja panjang untuk masing-masing sekitar 4-6 orang. Dengan rancangan ruangan yang cukup homey, saya lumayan betah menyantap makanan di sana.

Ada dua kompor di tiap meja. Satu kompor untuk membakar daging sedangkan kompor yang lain digunakan untuk merebus sayuran, crab stick, fish ball, daging ayam dan daging sapi. Sebenarnya masih ada beberapa nama lagi yang masih berteman dekat dengan fish ball dan crab stick, tetapi saya tidak menghapalnya.

Dalam kesempatan itu, saya dan seorang teman saya memesan satu menu Steamboat Spesial seharga Rp70.000,- Menu itu terdiri dari sayuran yang antara lain adalah sawi putih dan sawi tulang. Selain itu, ada juga bihun, daging ayam dan daging sapi. Setelah itu, kami diberi sepanci kecil kuah yang harus didihkan terlebih dahulu. Setelah mendidih kami memasukkan seluruh bahan-bahan tadi sampai bahan-bahan mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Untuk kuah, Hayaku Resto memiliki racikan bumbu yang gurih dan pas. Cocok untuk saya yang menyukai kuah yang sederhana dengan rasa yang lumayan. Sebagai tambahan, karena dalam foto bahan-bahan yang disediakan untuk menu itu terlihat sedikit, saya menambah sayuran dan crab stick. Setelah semua bahan dicampurkan, kami berdua tidak sanggup menghabiskan satu menu itu, apalagi setelah adanya tambahan tadi. Namun, kami tidak menyerah. Kami menghabiskan seluruh menu serta tambahannya perlahan.

Selain kuah yang rasanya gurih dan pas di lidah saya, rasa sayuran dan bihunnya juga menyatu dengan rasa kuah itu. Untuk daging dan sosisnya, rasanya tidak jauh berbeda dengan tempura dan semacamnya. Untuk yang tidak suka sosis atau pun fish ball dan semacamnya, rasa dari Japanese cake ini mungkin membuat Anda sedikit eneg bila terlalu banyak mengonsumsinya. Namun, sebenarnya tidak terlalu mengganggu untuk suapan pertama. Rasa eneg hanya akan amat terasa ketika Anda sudah terlalu kenyang makan di Hayaku Resto ini.

Selain menu yang harus direbus dengan kuah gurih tadi, ada pula menu yang khusus dibakar, yaitu menu daging ayam. Menu ini, sebagaimana menu yang harus direbus tadi, ada dua macam. Perbedaan dari keduanya ada pada harga saja yang menentukan jumlah potongan daging ayam yang disajikan. Hal yang sama juga berlaku untuk menu sayuran.

Resto yang masih terbilang baru ini menyajikan sedikit menu untuk minuman. Saya tidak menyebutkan menu untuk minuman di sini karena hampir semuanya adalah minuman yang biasa tersedia di tempat makan.

Itu saja dulu untuk hari ini. ^^

Gambar diambil dari nhaz

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com