Persiapan Piknik yang Asik





Apa piknik itu?

Di sini, saya mendefinisikan piknik sebagai sebuah liburan yang diawali dengan sebuah perjalanan untuk bersenang-senang dan mengakrabkan keluarga. Tidak ada aturan di sini karena fungsi piknik di sini adalah melepas kenepatan yang kita tahan selama berminggu-minggu di kantor maupun sekolah. Dan tidak ada pula aturan bekal piknik macam apa yang paling cocok.

Nah, mungkin di sini Anda mungkin berpikir bahwa piknik adalah kegiatan yang memerlukan persiapan besar seperti sebuah perjalanan panjang. Tidak. Piknik tidak harus dilakukan di tepi pantai, paru-paru kota, taman kota, alun-alun, dan sebagainya. Piknik pun bisa dilakukan di halaman belakang rumah, jika memang cukup luas, atau tempat lain yang sudah disetujui bersama.

Sekali lagi, tujuan dari piknik ini adalah melepaskan kepenatan sehingga Anda harus mulai terbiasa dengan melakukan pelarangan ini dan itu, termasuk makanan, kecuali makanan yang memang dilarang oleh dokter. Jika Anda orangtua, maka Anda harus bisa mengontrol kebiasaan melarang Anda ketika sudah sampai waktunya piknik. Anda tidak boleh lagi melarang anak Anda makan coklat, permen, es krim, dan sebagainya. Namun, jika di tempat piknik nanti anak Anda melakukan hal yang berbahaya atau merusak lingkungan, maka Anda harus melarangnya. Ketika piknik, Anda juga bisa bersantai tanpa perlu mengawasi anak-anak Anda dan pastikan anak-anak Anda sudah cukup dewasa untuk dibiarkan bermain sendiri.

Sebenarnya di Indonesia sendiri, ada beberapa tempat wisata buatan seperti kolam renang yang menyediakan tempat beristirahat di beberapa spot khusus, tetapi jika Anda ingin berpiknik di tempat yang alami juga ada banyak.

Selain mempersiapkan kendaraan atau jasa rental mobil, Anda juga perlu membawa kantong plastik besar. Walaupun fungsi piknik adalah untuk bersenang-senang, Anda tidak mungkin serta-merta membuang sampah semabarangan, bukan? Lagipula, kita tidak bisa menjamin bahwa akan ada tong sampah besar yang masih kosong di tempat tujuan kita. Kebersihan dan kerapihan tempat piknik juga merupakan tanggung jawab kita.

Selain itu, jika Anda berniat pergi ke tempat berair, jangan lupa membawa alat keselamatan berenang untuk anak-anak Anda. Jika Anda ingin piknik di tempat yang agak jauh dengan menginap, jangan lupa membawa peralatan mandi dan beberapa baju dalam, selain baju ganti tentunya. Jika Anda pergi ke pantai, jangan lupa membawa sunblock dan kacamata agar mata Anda tidak terlalu terbakar.

Hal yang paling terpikirkan dalam sebuah piknik adalah makanan. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, tidak ada larangan pemilihan makanan untuk bekal piknik. Anda bisa memilih seluruh kudapan yang biasanya Anda larang untuk dikonsumsi oleh anak-anak Anda dan semua camilan lain yang Anda inginkan, asalkan tidak melanggar larangan medis. Mungkin dalam hal ini Anda akan berpikir bahwa pilihan makanan dan camilan yang saya sebutkan tidak sehat. Namun, ini adalah piknik. Siapa yang peduli dengan sehat atau tidak? Inti dari piknik adalah Anda senang dan kenyang. ^^

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, makanan dan camilan apa saja yang bisa Anda bahwa, saya paparkan beberapa hal berikut ini:

1.    Siapkan satu wadah tiap orang untuk meletakkan seluruh bekal. Usahakan dengan ukuran yang sama agar tidak ada yang membawa dua wadah.
2.    Siapkan makanan dan camilan berikut untuk tiap orang dan masukkan ke dalam tiap wadah: setengah bungkus biskuit manis, setengah bungkus biskuit asin, setengah bungkus cookies, 6 butir telur rebus, 2 buah pisang, 6 sosis/ kroket/ kornet/ nugget siap makan, 1 botol jus jeruk, dan 2 botol air putih. Anda bisa memisahkan jus jeruk dan air putih dari wadah tersebut.
3.    Ketika sampai di tempat piknik, bagikan wadah-wadah tersebut bagi tiap anggota piknik dan jangan pikirkan apakah mereka akan memakan semuanya atau memilih beberapa makanan saja. Intinya, mereka harus memakan apa yang ada dan tidak meminta hal lainnya.

Sisi baik dari membawa wadah sendiri adalah Anda tidak perlu membawa plastik besar dan tidak membawa sampah Anda kembali ke rumah. ^^ Tapi mungkin Anda masih perlu membawa plastik sampah kecil untuk tempat kulit pisang dan plastik sosis.

Ketika Anda sampai di tempat piknik, Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau tanpa merusak kerapihan dan kebersihan, termasuk berbaring dan menikmati awan yang berjalan. Namun, jika Anda hanya berbaring dan tidak mengikuti pesta, maka Anda akan keseruan yang bisa menghilangkan kepenatan bersama anak-anak. Piknik adalah olahraga yang menyenangkan.

Jika Anda mempunyai sepeda lipat, Anda bisa membawanya jika dikhawatirkan anak-anak akan bosan berlarian, bermain kartu, atau layang-layang. Ketika salah satu anggota piknik mengatakan perbekalannya sudah habis, dia tidak bisa minta dari orang lain karena sebenarnya perbekalan tadi sudah sangat cukup untuk memenuhi perut seharian penuh, sehingga dia harus bersabar menunggu yang lainnya puas bermain dan pulang.


Begitulah gambaran piknik seharusnya. Piknik bukan hanya tentang berjalan-jalan seperti menikmati keindahan taman dan, melainkan menjadi gila dengan melepaskan keliaran yang mungkin tidak bisa kita lakukan di kantor, sekolah, dan rumah. Apakah Anda sudah siap untuk melakukan piknik yang sesungguhnya?

****

Gambar didiambil dari Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com