Header Ads

Header ADS

Perawatan Kulit adalah Teknik Make-Up No Make-Up Sesungguhnya




Sebagai perempuan, kita menyukai wajah yang mulus dan tidak ingin orang lain melihat adanya jerawat dan luka lainnya. Sehingga kita memilih menggunakan make-up untuk menutupi semua itu dan mendapatkan tampilan kulit wajah yang kita inginkan.

Jika dulu kita menyukai ­make-up tebal yang terdiri dari berbagai jenis pewarnaan, seperti foundation, eye shadow, lipstick, dan sebagainya dan cenderung suka untuk memperlihatkan kontras warna dengan warna kulit asli, kini ada tren warna yang lebih alami. Ada teknik ­make-up alami di mana warna-warna digunakan sesuai dengan warna kulit yang biasanya berfungsi untuk menampilkan kesan lebih muda. Ada juga teknik minimalis yang menyapukan sedikit warna di bagian-bagian wajah seperti kelopak mata, pipi, dan bibir. Bahkan ada teknik ­no make-up yang berarti penggunaan make-up seperti tanpa make-up.

Sebagai orang yang pernah mengalaminya, semua itu memang keren dan menunjukkan betapa make-up memang bisa digunakan dengan berbagai teknik seperti itu. Kita bisa memakai berbagai teknik berbeda untuk berbagai acara. Sedangkan sebagai seorang yang sudah lama tidak memakai make-up, hal ini membuat saya berpikir: what?!, terutama untuk teknik make-up no make-up. Untuk apa memakai make-up jika tidak ingin terlihat memakainya? Kadang, ketika menonton teknik itu saya ingin mencobanya. Namun setelah memikirkannya lagi, apa bedanya dengan tidak memakai make-up?

Well, untuk menghentikan perdebatan dan keheranan, kita akhiri sampai di sini. Intinya, segala hal akan dilakukan untuk terlihat cantik. Dengan menutupi semua kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang bisa dibentuk oleh teknik-teknik tertentu. Namun, mungkin kita tidak sadar bahwa dengan segala usaha yang kita lakukan demi cantik, kita lupa pada usaha untuk mendapatkan “cantik” itu sendiri. Kita lupa untuk mengobati kekurangan yang timbul karena adanya jerawat. Kita malas mencuci muka. Kita tidak pernah melembabkan bibir, dan sebagainya. Make-up jenis apapun akan terlihat failed jika kita tidak pernah merawat kulit wajah kita.

Saat ini, banyak orang lebih memilih untuk merawat kulit dan terlihat cantik daripada mengenakan make-up, tetapi kekurangan itu masih ada. Karena kita tahu merawat kulit akan meninggalkan hasil yang tahan lama, sedangkan memakai make-up hanyalah hal yang sementara. Untuk itu, saya ingin berbagi sedikit tips tentang perawatan kulit.

Pertama, bersihkan wajah secara bijak. Jika memang kita tidak memakai make-up dan tidak merendamkan wajah dalam lumpur atau bekerja di tengah debu-debu dan berkeringat, kita tidak perlu membersihkan wajah dengan sabun. Sebagian besar sabun wajah memiliki kandungan sodium lauryl sulfate (SLS), sodium laureth sulfate (SLES), atau alcohol. Ketika bahan tersebut memang cepat membersihkan, sekaligus cepat mengeringkan kulit. Jika kulit cepat kering, maka penuaan dini akan terjadi. Bahkan SLS dan SLES akan meresap ke dalam kulit dan menjadi pemicu kanker.

Jika memang tidak diperlukan pembersihan berat, gunakan air saja untuk membersihkan wajah. Jika ada minyak alami, seperti zaitun, minyak kelapa, minyak biji matahari, minyak biji anggur, lebih baik gunakan itu untuk membersihkan make-up. Jika ingin membersihkan wajah yang sedikit kotor setelah terkena debu dan berkeringat di siang hari, gunakan saja susu cair untuk mendapatkan kulit yang bersih, segar, dan lembut.

Kedua, lembabkan bibir. Berapa banyak dari kita yang lupa bahwa kecantikan bibir sebenarnya bukan karena warnanya yang merah, tetapi karena kulitnya yang sehat. Jika bibir kita kering dan pecah-pecah, lipstik pun tidak akan membantu banyak. Oleskanlah lip balm pada bibir sebelum tidur dan ketika akan memulai aktivitas di luar rumah, terutama ketika cuaca mulai kering dan panas.

Ketiga, rawat wajah secara alami. Ada banyak pilihan masker, lulur wajah, dan sebagainya yang bisa kita pilih untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dan putih. Baru-baru ini ada sebuah produk bernama kefir yang ramai diperbincangkan. Produk ini dibuat dari bahan alami berupa susu. Manfaatnya tentu bisa membuat kita membuang semua face primer, foundation, concealer, whitening cream, dan sebagainya karena akan menghasilkan kulit wajah yang putih, mulus, dan lembut. Kita juga bisa membelinya dengan harga murah jika membelinya kiloan.

Jika kita alergi dengan susu, maka kita bisa menggantinya dengan membeli masker yang lebih sesuai untuk kulit kita, seperti masker lidah buaya, masker pisang, masker coklat, minyak alami, dan sebagainya yang bisa kita buat sendiri dengan mengambil bahan-bahan tersebut di dapur. Kita hanya perlu mengetahui kebutuhan kulit kita dan mencocokkannya dengan kandungan yang ada dalam bahan-bahan tersebut.

Masih ada begitu banyak pilihan bahan dan cara alami yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan kulit yang cantik. Walau bagaimana pun, bahan-bahan make-up adalah bahan kimia dengan pengawet yang tidak dibutuhkan kulit kita. Kita bahkan tahu bahwa semakin lama kita menggunakan make-up maka semakin cepat kulit kita bertambah tua; dan para pebisnis make-up akan dengan senang hati membantu kita untuk membuatkan krim anti-penuaan yang akan merogoh kocek kita sangat dalam.


Jika kita bisa mendapatkan kecantikan yang kita inginkan tanpa harus mempelajari teknik-tenik tertentu yang mungkin sulit dan membeli beberapa make-up mahal untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan yang diberikan oleh bahan-bahan alami nan murah di dapur kita, maka sudah saatnya kita “back to nature”. Toh, semua kandungan dalam krim perawatan juga terinspirasi dari alam.

No comments

Powered by Blogger.