Header Ads

Header ADS

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Rambut

Manfaat minyak zaitun Untuk Masker Wajah, Manfaat zaitun Campuran Lulur




Jika selama ini Anda hanya menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng yang memiliki kolesterol lebih tinggi, maka saatnya Anda mengetahui alternatif lain yang bisa dimanfaatkan dari minyak zaitun.

Minyak yang biasanya digunakan untuk pencelup roti di peradaban Arab kuno dan merupakan minyak goreng di belahan Amerika ini ternyata memiliki banyak kegunaan lain. Salah satunya adalah untuk memberikan kelembaban pada kulit. Selain melembabkan kulit, minyak ini juga bisa mengembalikan minyak alami rambut dan kulit kepala yang terkikis oleh produk shampoo yang Anda pakai.

Jika Anda berniat untuk menginvestasikan uang Anda untuk kecantikan kulit dan rambut yang murah tapi ampuh, maka minyak zaitun bisa menjadi all-in-one treatment yang tepat untuk Anda. Adapun sebagian kegunaan tersebut adalah sebagai masker, bahan perawatan rambut, dan bahan campuran lulur.

1.   Masker Wajah dan Rambut
Kandungan oleat yang tinggi pada minyak zaitun sangat cocok untuk jenis kulit kering. Anda bisa mengoleskan langsung pada wajah atau mencampurkannya dengan bahan-bahan tertentu yang diperlukan kulit wajah Anda, seperti madu atau krim susu. Setelah 30 menit, bersihkan dengan handuk basah yang hangat. Anda juga bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun pada jerawat agar jerawat cepat matang dan mengempis.

Jika masih ada sisa masker minyak zaitun dan madu, Anda bisa juga bisa menjadikannya sebagai masker rambut seminggu sekali. Lakukan setiap minggu untuk mendapatkan hasil perawatan rambut yang maksimal. Dengan menggunakan minyak zaitun, Anda tidak perlu lagi membuang banyak uang untuk pergi ke salon untuk mendapatkan hasil yang tidak lebih baik dari perawatan dengan minyak zaitun.

2.   Perawatan Rambut
Perawatan rambut adalah hal paling penting bagi Anda yang sangat menginginkan rambut cantik. Dengan biaya besar yang Anda keluarkan setiap minggu ke salon, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, Anda mungkin lupa bahwa ada bahan alami dengan harga murah yang bisa memberikan kepuasan tersebut dan Anda pun bisa melakukannya di rumah.

Jika rambut Anda rusak dengan yang ditandai dengan rambut yang berwarna merah dan bersuara ketika disentuh, maka Anda harus rajin memberi masker pada rambut Anda dengan minyak zaitun, begitu pula kepala Anda untuk mengurangi kemungkinan adanya ketombe. Anda harus melakukan perawatan ini jika Anda adalah orang yang suka meluruskan dan/atau mengeringkan rambut dengan pemanas. Suhu yang panas rentan membuat rambut Anda rusak dengan cara membuka pori-pori rambut hingga membuat kulit-kulit rambut yang tipis terbuka lebar.

Jika rambut Anda bercabang dengan ujung-ujung yang merah, sebaiknya Anda memulai perawatan ujung rambut yang dimulai dengan memotong ujung-ujung itu terlebih dahulu. Lalu, setiap malam menjelang tidur, oleskan sedikit minyak ke ujung-ujung rambut itu. Lakukan setiap malam.

3.   Campuran Lulur
Ada banyak jenis lulur yang ditawarkan di toko. Tetapi, jika Anda bisa membuatnya sendiri, kenapa harus membeli di toko.

Untuk membuat lulur badan dan wajah ini, Anda hanya perlu mencampurkan kopi dan minyak secukupnya, lalu simpan ke dalam wadah kaca atau wadah lain yang tidak menyerap minyak.


Kandungan dalam kopi bisa membantu mengangkat kutil secara alami. Namun, jangan gunakan lulur kopi ini ke wajah setiap hari karena butiran kopi sangat besar sehingga terlalu kasar untuk wajah. Gunakan saja seminggu sekali di wajah dan seluruh tubuh tanpa perlu menyiramkan air sebelumnya. Setelah seluruh tubuh terbaluri minyak dan kopi sudah merata, siram dengan air.


****

Gambar diambil dari Pixabay

No comments

Powered by Blogger.