Checklist Barang Wajib Saat Bepergian Jauh


Bagi Anda yang sering bepergian, entah karena pekerjaan atau pulang kampung, mungkin tulisan ini akan sangat membantu.

Walaupun Anda adalah tipe orang yang mudah ingat dan sulit lupa, tetapi selalu sediakan checklist barang yang harus dibawa ketika hendak bepergian; dan masukkan beberapa barang di bawah ini yang mungkin belum masuk dalam daftar Anda. Anda tidak bisa bepergian dengan membawa barang seadanya karena mungkin Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk berhenti di suatu tempat untuk membeli barang tersebut di toko swalayan. Jika pun sempat, mungkin barang yang Anda cari tidak tersedia di toko tempat Anda berhenti.

Mempersiapkan checklist sebelum bepergian memang tidak lebih penting daripada mengisi perut dan mempersiapkan fisik sebelum berangkat. Namun, pentingnya checklist ini pasti akan Anda rasakan begitu Anda sudah berada dalam perjalanan dan Anda melupakan beberapa hal penting.

Checklist barang tiap orang mungkin akan berbeda sehingga di sini saya hanya akan memaparkan beberapa barang penting yang perlu dbawa untuk kondisi tertentu.

      1.   Bantal Leher

Jika Anda bepergian jauh menggunakan mobil pribadi, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan bantal leher ini. Bantal leher akan sangat membantu mengurangi kerusakan tulang dan menghindari syaraf terjepit akibat guncangan mobil di atas aspal yang tidak rata.

Namun, jika Anda bepergian menggunakan angkutan umum, seperti bus, kereta, kapal, atau pesawat, maka sebaiknya Anda tidak perlu membawanya. Karena ukurannya yang cukup besar, bantal ini bisa membuat beberapa barang penting lain keluar dari tas jinjing Anda. Kecuali jika Anda punya alternatif lain membawanya dengan tidak memasukkannya ke dalam tas atau kopor dan itu juga jika Anda tidak kerepotan membawanya dengan barang bawaan lain.

      2.   Jaket dan Minyak Kayu Putih
Walau bagaimana pun, memakai jaket selama berada dalam kendaraan penting untuk Anda lakukan mengingat hampir semua kendaraan umum, termasuk mobil pribadi, sudah dilengkapi dengan AC. Selain itu, jaket juga bisa menghalau angin yang masuk dari jendela kendaraan sehingga Anda tidak masuk angin. Jika sudah masuk angin, kemungkinan Anda untuk muntah akan jadi besar.

Selain itu, minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi pusing dan rasa mual di perut. Jika jaket masih belum bisa menghalau dingin di bagian perut dan leher, Anda juga bisa mengoleskannya langsung pada bagian tersebut.

      3.   Tas Plastik / Kantong Kertas
Ini adalah hal penting yang sering terlupakan. Tas plastik ini Anda perlukan untuk hal sepele, tetapi penting; dan baru Anda sadari ketika sudah membutuhkannya. Jika Anda makan atau minum, di mana Anda akan membuang bungkusnya? Di dalam kendaraan? Dilipat lalu dimasukkan ke dalam tas Anda? Jika jumlahnya sedikit atau ukurannya tidak terlalu besar, hal itu tidak akan bermasalah. Namun, akan menjadi sebaliknya jika Anda membawa botol minuman besar dan banyak bungkus camilan.

Jika Anda sering mabuk darat, tas plastik juga pasti Anda perlukan dalam perjalanan sehingga ia akan memiliki fungsi ganda. Namun, jika Anda tidak pernah mabuk darat, maka kantong kertas saja sudah cukup sebagai tempat sampah sementara, selain untuk ikut serta dalam mengurangi limbah sampah.

      4.   Obat-obatan
Anda tidak mau penyakit Anda mendadak kambuh di tengah perjalanan tanpa obat, bukan? Jika obat Anda dijual di apotek dan Anda sedang bepergian dengan kendaraan pribadi, maka Anda bisa dengan mudah membelinya di apotek di tepi jalan. Walaupun demikian, apa Anda yakin akan ada apotek ketika Anda membutuhkannya?

Jangan lupa bawalah obat antimo jika Anda sering mabuk kendaraan. Namun, sebaiknya minum antimo sekitar 1 jam sebelum melakukan perjalanan. Jika masih mabuk, maka persediaan antimo yang Anda bawa juga tidak akan sia-sia.

      5.   Gadget dan Charger
Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi, maka Anda tidak mungkin akan meninggalkan laptop di tempat kos, bukan? Maka jangan lupa membawa ­charger-nya. Anda juga tidak akan meninggalkan charger gadget Anda yang lain jika berencana untuk menginap selama beberapa hari, bukan?
Sebenarnya, membawa gadget bukan hal yang penting dilakukan. Namun, dengan membawa gadget Anda bisa melakukan hal-hal penting, seperti menulis kisah perjalanan, mencatat hal-hal menarik atau penting selama perjalanan, memotret pemandangan ketika kendaraan berhenti, menghubungi keluarga, memesan ojek online, melihat peta, mendengarkan musik ketika jenuh, memeriksa berita tentang titik macet atau jalan rusak sehingga Anda bisa mengambil jalan alternatif sebelum terjebak macet, dan sebagainya.

      6.   Makanan dan Minuman Ringan
Anda pasti tidak ingin kelaparan atau dehidrasi selama perjalanan jauh, bukan? Walaupun membawa makanan dan minuman ringan agak kurang praktis, tetapi lumayan bisa mengganjal perut kosong; jika kondisi perut Anda kosong selama perjalanan, tubuh Anda akan menjadi sangat lelah dan lemah, kecuali jika Anda yakin bahwa Anda bisa mendapatkan makanan dan minuman dalam perjalanan.

      7.   Kacamata Gelap
Pilihan membawa kacamata gelap ini tentu bukan untuk bergaya, melainkan untuk melindungi mata dari sinar. Jika Anda bepergian di malam hari menggunakan kendaraan pribadi dan Anda adalah penumpang, maka Anda akan sangat membutuhkan benda ini. Kenapa? Karena sinar lampu mobil dari arah berlawanan akan sangat menyilaukan dan menyakitkan mata Anda. Walaupun Anda memutuskan untuk memejamkan mata, silaunya masih akan mengganggu tidur Anda.

Jika Anda bepergian di siang hari, kacamata ini juga berfungsi untuk menghalau sinar matahari yang mengenai mata. Anda bisa menutup tirai jendela jika kendaraan umum atau pribadi milik Anda menyediakannya, tetapi itu juga berarti menghilangkan pemandangan yang mungkin menarik untuk Anda lihat selain bangku-bangku dalam kendaraan.

      8.   Tissue Serbaguna dan Antiseptik Pembersih Tangan
Sediakan tissue khusus untuk bepergian yang memiliki bungkus tipis. Tissue ini akan sangat berguna ketika Anda harus menyeka kotoran dari mulut sehabis makan atau muntah. Anda juga memerlukan tissue ini ketika bersin. Selain itu, bawalah antiseptik pembersih tangan beserta tissue karena Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan.

      9.   Dompet
Ini mungkin adalah hal yang tidak mungkin akan lupa dibawa oleh siapa pun. Namun, saya pernah melakukannya dan itu hampir seperti bencana.

Jangan mengira bahwa dompet ini hanyalah dompet yang berisi uang dan ATM. Jika Anda memiliki dompet khusus untuk kartu-kartu penting, seperti KTP, SIM, ATM, jangan lupa membawanya.

      10.Perlengkapan Cuci Muka dan Gosok Gigi
Jika perjalanan Anda memakan waktu sekitar sehari, maka ada baiknya jika Anda membawa perlengkapan cuci muka dan gosok gigi. Anda bisa mencuci muka dan menggosok gigi di stasiun atau terminal kedatangan atau SPBU sebelum Anda sampai di tempat tujuan. Walaupun hal ini tidak terlalu penting, bukankah Anda senang menampakkan wajah yang bersih dan segar ketika disambut?

Itulah beberapa checklist barang yang penting sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu memasukkan semuanya dalam checklist Anda jika tidak perlu. Pilihlah yang sekiranya sesuai dan memang dibutuhkan. Nah, barang apa yang belum Anda masukkan dalam daftar?

Gambar diambil dari Amazon dan Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com