Beberapa Manfaat Lain dari Susu


Mungkin kita sering mendengar bahwa mengonsumsi susu akan membuat badan kita gemuk; menyebabkan alergi dan jerawat; dan sebagainya. Sayangnya, semua itu hanyalah mitos belaka. Hal yang menyebabkan itu semua adalah kelebihan mengonsumsi jenis makanan tertentu, bukan hanya satu hal saja, termasuk susu. Namun, kita tidak bisa mengatakan bahwa susu adalah satu-satunya penyebab semua itu atau bahwa susu bisa menyebabkan hal itu karena nyatanya ada beberapa orang yang mengonsumsi susu setiap hari, tetapi tidak menemukan tanda-tanda terjadinya gejala tersebut.

Jika Anda adalah penggemar susu, maka artikel ini akan amat menghibur Anda. Karena di sini Anda akan menemukan hal-hal fantastis yang mungkin belum Anda ketahui dari susu. Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa “menggunakannya”. Yang saya maksud dengan menggunakannya adalah memanfaatkan susu dengan tidak mengonsumsinya.

Susu yang ada di Indonesia sebagian besar dihasilkan dari sapi atau kambing. Bagaimana pun cara pengolahannya, entah susu cair yang langsung diperoleh dari memerah lalu langsung dikonsumsi, susu cair yang melalui proses UHT, susu cair yang dibuang sebagian besar kandungan airnya untuk menghasilkan susu kental manis, atau susu cair yang dibuang semua kandungan airnya atau beberapa elemen alami susu lain, susu tetap memiliki elemen penting yang akan kita manfaatkan, yaitu lemak dan manfaat detoksifikasi.

Lemak, sebagaimana yang kita tahu, memiliki fungsi memberikan kelembaban alami untuk kulit dan kandungan uniknya juga bisa membuat kulit kenyal. Sedangkan fungsi detoksifikasi bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya di pagi hari.

 1.   Membersihkan Wajah
Susu tergolong koloid, yang berarti unsur-unsurnya tidak sepenuhnya menyatu walaupun terlihat menyatu. Dengan sifat ini, susu bisa menjadi bahan yang ampuh untuk membersihkan wajah. Karena unsur padat dalam susu akan melekat pada kotoran dan unsur cairnya akan menarik padatan yang telah melekat pada kotoran tersebut dari kulit kita.

Walau demikian, susu tidak bisa digunakan untuk membersihkan riasan wajah yang mengandung minyak tebal. Namun, bisa cukup ampuh untuk membersihkan debu-debu yang menempel bersama keringat di wajah. Untuk melakukannya, Anda perlu susu cair atau susu bubuk yang dicairkan.

 2.   Melembabkan dan Mengenyalkan Kulit
Seperti yang telah saya katakan di atas, susu memiliki kandungan unik yang bisa melembabkan dan mengenyalkan kulit. Jika Anda merasa kulit tubuh Anda terasa sangat kasar dan terlalu kencang, maka Anda bisa menyiapkan segelas susu dan kapas secukupnya. Celupkan kapas ke dalam susu dan oleskan kapas yang telah basah tersebut ke bagian kulit yang kasar tersebut. Anda bisa mengaplikasikannya juga pada wajah Anda. Tunggu susu hingga mengering selama 30 menit sebelum membasuhnya dengan air. Anda akan merasakan betapa kenyal dan halusnya kulit Anda.

Selain itu, Anda bisa membekukan susu cair tersebut dan menggunakannya sebagai krim wajah yang harus Anda basuh setelah mendiamkannya di wajah Anda selama 30 menit.

 3.   Memutihkan Kulit



Anda juga bisa membuat masker dari bahan dasar susu. Ada beberapa cara untuk membuat krim dari susu:

a.    Cara pertama, siapkan 1 liter susu cair murni dan diamkan selama beberapa saat hingga lemak yang terlihat seperti kertas mengambang di permukaan. Ambil lemak, atau yang selanjutnya kita sebut sebagai krim susu, tersebut dan letakkan dalam wadah kaca. Diamkan lagi susu tersebut dalam kulkas dan ambil krim susu yang mengambang di permukaan dan letakkan dalam wadah. Lakukan beberapa kali hingga susu tidak menghasilkan krim lagi. Setelah terkumpul, pakai krim susu tersebut sebagai masker seperti biasa, lalu bersihkan setelah masker mengering selama 30 menit.

b.    Cara kedua, siapkan 1 sendok makan penuh susu bubuk dan campurkan dengan beberapa tetes air hingga kekentalan yang menyerupai krim wajah, tetapi lebih kental. Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah dengan cara yang sama seperti di atas dan menyimpan sisanya dalam kulkas (jika masih ada). Anda juga bisa mencampurkan beberapa bahan yang bagus untuk masker wajah, seperti minyak dan sari buah pisang.

 4.   Detoksifikasi
Detoksifikasi diperlukan oleh tubuh dalam jangka waktu tertentu untuk membuang racun-racun yang terserap tubuh, seperti asap, bahan-bahan kimia dalam makanan, dan lainnya.

Jika Anda kehabisan buah atau bahan lain yang biasa Anda gunakan untuk detoksifikasi, maka Anda juga bisa menggunakan susu. Hal menarik dari susu lainnya adalah susu juga memiliki unsur unik yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh secara alami. Anda hanya perlu meminum segelas susu hangat setiap pagi sebelum makan sebagai pengganti buah. Jangan mengonsumsi apapun setelahnya hingga waktu makan siang. Lakukan secara ruti setiap hari dan Anda akan segera melihat perubahan pada warna feses Anda.

Dari keempat manfaat susu di atas, berapa manfaat yang sudah Anda ambil?


Gambar diambil dari Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com