Bahan Perawatan Wajah Alami dan Ampuh



Bagi Anda yang sudah bosan mengeluarkan uang untuk produk-produk perawatan wajah yang mahal namun tidak memberikan hasil maksimal, saya ingin berbagi cara mudah dan murah untuk mendapatkan wajah yang cantik tanpa perlu lagi membuang-buang uang membeli berbagai produk untuk tiap bagian wajah yang berbeda. Let's go back to nature!

Sebenarnya, bahan-bahan untuk perawatan wajah sudah tersedia di dapur. Selain alami, juga terbukti aman untuk setiap bagian wajah dan memiliki berbagai kegunaan sekaligus. Karena terbuat dari bahan kimia, produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran sebagian tidak bisa diterima oleh bagian wajah yang sangat tipis, seperti bagian bawah mata dan sekitar mulut. Namun, bahan-bahan alami tidak memiliki masalah dengan semua itu.

Lalu, bahan apa saja di dapur yang bisa digunakan untuk merawat wajah? Mari kita mulai dari bahan pembersih muka terlebih dahulu.
1.   Pembersih muka
a.    Air
Sebenarnya, kita tidak perlu membersihkan muka setiap hari dengan sabun yang sering kali mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kulit yang menyebabkan kanker dan penuaan dini. Kita bisa membersihkan muka dengan air setiap pagi setelah bangun tidur. Karena saat pagi, wajah kita tidak terlalu kotor, bukan?

b.    Susu
Jika kita perlu membersihkan muka setelah berolahraga pagi dan hendak berangkat ke kantor, Anda bisa menggunakan susu cair atau susu bubuk yang dicairkan. Lakukan setelah wajah Anda mengeringkan keringat dengan handuk.

c.    Gandum utuh
Jika di dapur Anda tidak tersedia susu, atau Anda alergi terhadap susu, maka Anda bisa menggantinya dengan gandum utuh. Ambil sedikit gandum utuh dari kotak bubur Anda, lalu tambahkan sedikit air untuk menjadikannya lebih lembek sehingga bisa diaplikasikan ke muka dengan mudah. Anda juga bisa menghaluskannya dengan blender dan menyimpannya dalam toples kecil kering agar bisa diambil setiap Anda membutuhkannya.

Gandum ini juga bisa berfungsi sebagai exfoliator halus yang cocok untuk kulit sensitif. Butirannya yang halus dapat mengangkat kulit mati secara ampuh tanpa menyebabkan iritasi atau rasa sakit.

d.    Minyak alami
Untuk membersihkan wajah dari make-up, Anda bisa menggunakan minyak alami dan bukan cairan pembersih wajah yang mengandung alkohol yang bisa mengikis minyak alami kulit Anda. Hal itu bisa mengakitbatkan kulit kering hingga penuaan dini, lho.

Minyak zaitun yang Anda gunakan untuk memasak ternyata juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan make-up secara alami. Jika tidak ada, maka Anda perlu membelinya dengan harga yang cukup murah untuk berkali-kali pemakaian. Kenapa harus membeli? Karena minyak ini memiliki banyak kegunaan selain sebagai pembersih make-up. Minyak zaitun akan sangat cocok untuk Anda yang berjenis kulit kering.

Jika Anda khawatir minyak akan menambah jumlah minyak di muka Anda, maka Anda bisa menggunakan minyak biji buah anggur. Minyak ini memiliki kadar oleat yang rendah sehingga bagus untuk jenis kulit berminyak.

Cara mengaplikasikannya juga sama dengan make-up remover. Anda hanya perlu meratakan minyak ke muka dengan tangan hingga make-up meluruh, lalu usapkan kapas untuk membersihkan kotoran itu. Anda bisa membiarkan sisa minyak yang ada di muka sebagai pelembab alami atau membersihkannya dengan handuk basah.

2.   Perawatan Wajah: pelembab, masker, pemutih alami, dan pengecil jerawat
Seperti yang sudah saya paparkan di bagian bahan pembersih wajah bahwa minyak juga bisa digunakan sebagai pelembab, ternyata minyak juga merupakan bahan alami untuk masker dan pengecil jerawat.

Sifatnya yang melembabkan akan menjadi bahan maskerterbaik. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada wajah selama 30 menit, lalu membersihkannya dengan handuk atau spons basah. Kandungannya yang unik bisa membuat jerawat cepat kering dan mengecil dengan cepat. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak pada jerawat pada malam hari dan membiarkannya semalaman. Anda juga bisa mengolekskannya pada jerawat kapan pun Anda mau. Selain minyak, jika Anda menyimpan madu di dalam lemari es, Anda juga bisa mengoleskannya untuk mendapatkan hasil yang sama.

Kita tidak perlu terlalu sering menggunakan pelembab jika kita tidak terpapar oleh sinar matahari dan AC. Kita juga tidak perlu membeli pelembab dan masker secara terpisah seperti yang diinginkan para produsen kosmetik. Namun, kali ini saya ingin Anda menyiapkan satu produk ini untuk melawan jerawat, memutihkan wajah secara alami, melembabkan wajah, sekaligus memberikan nutrisi pada kulit secara alami.

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang susu kefir. Ada beberapa produk yang dikeluarkan kefir, termasuk sunblock, masker dan pelembab. Namun, saya hanya ingin Anda membeli masker-nya saja dan kita akan melakukan sedikit peracikan untuk membuat pelembabnya. Hehehe^^

Untuk membuat pelembab, campurkan bahan-bahan alami yang Anda punya. Di sini, saya hanya menggunakan 2 sendok air mawar konsentrat yang bisa diperoleh dengan mendidihkan air yang telah dimasuki mahkota bunga mawar, campuran beberapa minyak alami, dan masker kefir. Anda bisa mengaturnya sesuai kemauan Anda. Anda juga bisa tidak memakai air mawar.

Untuk membuat campuran ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa air dan minyak tercampur rata dengan terus menambahkan masker kefir sambil mengaduk rata. Setelah rata, letakkan pada botol pelembab yang sudah kosong dan kering.

3.   Perawatan rambut muka
Jika Anda ingin menebalkan alis dan memanjangkan bulu mata, Anda perlu menggunakan pensil alis atau bulu mata palsu. Anda hanya membutuhkan minyak jarak untuk mendapatkan alis yang tebal dan bulu mata yang panjang, hitam dan tebal.

Jika Anda memiliki botol maskara yang sudah habis, maka Anda bisa menggunakannya sebagai tempat minyak jarak tersebut. Anda juga bisa menambahkan minyak chamomile untuk memanjangkan bulu mata dengan cepat. Minyak chamomile ini juga bisa Anda pakai sebagai masker rambut, lho.

4.   Pelembab bibir
Sebagaimana pelembab muka, minyak dan madu juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Oleskan minyak atau madu di malam hari sebelum tidur.

Dengan semua bahan itu, saya jamin Anda akan mendapatkan wajah yang putih, bersih, dan kinclong serta bibir yang merah lembab dengan cara yang aman dan ampuh. Selamat mencoba ^^

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com