Meningkatkan Kreativitas dan Mempercepat Pertumbuhan Bisnis: 5 Cara Jitu

Sebelum memulai pembahasan tentang meningkatkan kreativitas, pertama, aku ingin tahu "kreativitas" itu apa, sih?

Mengingat sampai sekarang banyak orang memiliki definisi sendiri tentang hal itu, Sarnoff Mednick mendefinisikannya sebagai ingatan serupa yang bekerja dengan sangat baik. Oleh karenanya, banyak orang mengatakan kreativitas membutuhkan mental kuat.

Mednick pernah melakukan pengujian untuk membuktikan kreativitas sebagai kemampuan melihat kesamaan dari tiga urutan kata tertentu.

Jika dikaitkan, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa manusia dan kebudayaan saling berhubungan. Semakin seseorang sering terpapar pada segala hal di lingkungan, pemikiran kreatif semakin mungkin terbentuk.

Semakin kreatif seseorang, semakin mudah ia menyelesaikan masalah kantor hingga mendapatkan menandatangani kontrak baru.

Melihat tidak semua orang bisa berpikir kreatif, cara meningkatkannya pun cukup sulit. Namun, bukan tidak mungkin dengan kelima cara berikut.


meningkatkan kreativitas


1. Baca lebih banyak sumber lain

Membaca terkait industri yang sedang digeluti sering dilakukan siapa pun. Pasalnya, seiring perkembangan teknologi, bacaan berbagai topik dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Meski begitu, membaca topik lain di luar bidangmu memberikan lebih banyak keuntungan. itu bukan berarti kamu bisa membaca seluruh isi koran atau majalah tertentu saja.

Cobalah membaca majalah lain seperti fashion, arsitektur, dan seni. Membaca berbagai topik memungkinkanmu mendapatkan ide baru dari sudut pandang lain.

2. Jalani kehidupan di luar kantor

Lembur sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang. Bahkan, ponsel pintar sekarang berubah menjadi cambuk digital yang membuat banyak orang terpaku hanya pada pekerjaannya.

Sebenarnya, meningkatkan kreativitas agar performa di kantor membaik juga bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan lain. Bila suka lari, coba ikut klub lari, atau mungkin ingin ikut grup yoga? 

Interaksi antaranggota memungkinkanmu mendapatkan kenalan. Ikatan ini dipercaya merupakan saluran penting untuk menyebarkan informasi. Kalian bisa mendapatkan informasi baru dari mereka sebagaimana biasa kalian dapatkan dari teman dekat.

3. Tumbuhkan rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu menyelamatkan perbincangan sebelum jadi menjemukan dan momen sebelum jadi membosankan.

Sebelum kehadiran ponsel pintar, biasanya orang suka membuka pembicaraan denga orang asing ketika sedang mengantre. Saat ini seni itu sudah hilang. Namun, beberapa orang masih suka pada pembicaraan menarik.

Mengajak orang asing berbicara merupakan suatu usaha untuk mendapatkan sudut pandang atau informasi baru. Seperti disampaikan Kio Stark, mengajak orang asing bicara bisa mengurangi bias dan tidak lagi menganggap satu individu berdasarkan kelompoknya.

4. Lakukan hobi baru

Sebuah penelitian menemukan bahwa para peneliti pada umumnya memiliki hobi artistik sebagaimana masyarakat pada umumnya. Namun, peneliti terkenal -- anggota Akademi Sain Nasional -- dua kali lebih mungkin memiliki hobi seperti itu dan peneliti pemenang Hadiah Nobel tiga kali lebih mungkin.

Monica berteori bahwa hobi bisa saja mendorong pelakunya melihat segala sesuatu dari sudut pandang berbeda sehingga memperluas ingatan serupa. Belajar hal baru juga sangat baik untuk kesehatan otak.

5. Ikuti berbagai macam kegiatan

Membaca adalah proses belajar pasif, sedangkan mencari pengalaman adalah belajar aktif. Oleh karenanya, pastikan kamu sering menghadiri berbagai seminar, konser, dan kegiatan lain di luar bidangmu.

Bila sudah terlalu suntuk dengan bidang sekarang, bisa juga mulai menggeluti bidang lain seperti Elon Musk. Setelah berhasil menciptakan PayPal, sekarang ia beralih ke bidang kendaraan listrik dan perjalanan luar angkasa.

Ketidaktahuan seseorang atas topik baru juga dapat menjadi keuntungan. Dengan begitu, orang itu bisa memahami topik tadi dari sudut pandang bidangnya.

Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan kreativitas. Asalkan mau keluar dari zona nyaman, saat itulah kehidupanmu dimulai.

Meski begitu, ada alasan kenapa beberapa orang tidak mau keluar dari zona nyaman mereka: ketidaknyamanan. Oleh karenanya peningkatan kreativitas membutuhkan kekuatan mental.

Bila tidak kuat mental, kuatkan! Mulai dari hal kecil untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dan mulai dari sana. Benar-benar menjadi kreatif berarti menghadapi penolakan dan kritik serta tidak takut gagal.

Sering kali kita tidak berpikir bahwa orang kreatif itu kuat mental, tetapi sebenarnya mereka memang kuat. Kalian juga bisa seperti itu.

Sumber: https://www.inc.com/monica-zent/5-ways-to-build-creativity-boost-your-business.html

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar