Menciptakan Suasana Kantor yang Nyaman


Semua orang menyukai kebersihan dan kerapihan. Hanya sedikit orang yang ingin tempatnya berantakan hingga menampilkan barang-barang yang biasanya, jika barang itu ada di tempat orang lain, berada di lemari atau rak.

Hal ini tidak hanya berlaku di rumah atau lingkungan sekitar, tetapi juga di lingkungan kerja di mana pun Anda berada. Sampah-sampah yang berserakan, seperti tisu, kertas, map yang tidak ditata dengan rapi di tempatnya, pasti akan membuat seluruh penghuni kantor gerah dan kesal walaupun AC sudah maksimal. Hal ini tentunya juga berdampak pada kinerja seluruh karyawan dan prestasi kantor.

Jika Anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk masalah itu, maka sudah seyogyanya Anda turun tangan mengatasinya. Namun, jika Anda tidak bertanggung jawab akan hal itu dan orang yang harus menanganinya masih sibuk dengan kegiatan lain, sebenarnya Anda bisa melakukan perubahan kecil di meja kerja Anda sendiri.

     1.   Tanaman dalam Pot
Ada beberapa orang yang menganggap bahwa keberadaan tanaman dalam pot adalah hal yang sepele hingga tidak penting. Namun, dengan adanya warna hijau di kantor, itu berarti ada sesuatu yang bisa memanjakan mata lelah karena seharian menghadap monitor. Selain itu, fungsinya yang bisa memberikan oksigen secara gratis juga bagus untuk memenuhi kebutuhan udara Anda sehari-hari.

Untuk melakukannya, tentu Anda perlu melakukan perawatan pada tanaman itu setiap hari. Anda hanya perlu meletakkannya di dekat jendela selama beberapa saat, dan menyiramnya setiap pagi. Hal itu mungkin tidak terlihat praktis, tetapi kegiatan kecil itu bisa memberikan selingan menyenangkan dari kegiatan Anda seharian yang hanya duduk di depan monitor, bukan? Selain itu, dengan satu tanaman kecil berwarna hijau di atas meja coklat Anda tidakkah terasa seperti seorang teman kecil yang menemani kesibukan Anda.

Ada juga yang mengatakan bahwa pohon yang ditanam di halaman rumah akan mendoakan setiap orang yang berada dalam rumah itu sejak dia menginjakkan kaki keluar rumah hingga ia kembali. Kira-kira, apa tanaman kecil juga akan melakukan hal yang sama?

     2.   Menyediakan Tempat Sampah Kecil dan Map Khusus
Berjalan menuju tempat sampah di sudut ruangan untuk setiap catatan yang salah atau tinta printer yang meluber memang akan sangat membosankan, terutama jika kegiatan kantor Anda sangat padat.

Tempat sampah yang hanya ada di dekat tempat foto kopi atau kamar mandi memang menjadi salah satu solusi kantor untuk mengurangi sampah yang berserakan di daerah produksi kertas dan sampah lain di kamar mandi. Namun, pengelola kantor kadang tidak menyadari bahwa hampir setiap hari beberapa orang juga akan memproduksi sampah. Walaupun frekuensinya kecil, satu sampah kertas di lantai atau meja saja sudah cukup membuat orang frustasi. Frekuensi ini akan bertambah ketika seseorang terserang flu di mana akan ada berkali-kali kegiatan membuang tisu ke dalam tempat sampah.

Pengelola kantor tentu tidak akan memperhatikan hal ini karena selain akan mengeluarkan anggaran lebih banyak, hal itu juga akan mengurangi keindahan kantor. Namun, hal itu akan berbeda jika Anda meletakkan satu sampah kecil di bagian bawah meja Anda yang bahkan teman sebelah Anda sendiri tidak akan melihat.

Apakah Anda sering mondar-mandir ke meja khusus untuk meletakkan lembaran-lembaran laporan harian? Atau kah Anda adalah tipe yang akan mengumpulkan lembaran-lembaran itu hingga berserakan memenuhi meja kerja Anda lalu Anda baru akan meletakkannya di meja laporan ketika semuanya sudah selesai?

Saran saya, Anda membutuhkan satu map khusus untuk mengumpulkan kertas-kertas itu. Satu map khusus dengan bentuk dan warna yang Anda sukai tentu tidak akan terlalu merampok simpanan Anda, bukan? Jika Anda memiliki warna kesukaan atau bentuk map yang berbeda dari map yang ada di kantor Anda, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membeli demi kesenangan Anda sendiri.

Jika Anda adalah seseorang yang setiap hari bergelut dengan kertas, maka satu sampah kecil dan map khusus akan menyelamatkan waktu dan tenaga Anda. Selain itu, Anda tidak perlu frustasi dengan kertas-kertas di meja yang belum Anda buang karena lupa atau belum Anda letakkan di meja laporan karena tidak ada waktu.

     3.   Menyediakan Humidifier
Siapa yang tidak dehidrasi dengan kondisi kering akibat AC? Bahkan hampir setiap ahli kesehatan menyarankan kita untuk menambah konsumsi air putih jika kita bekerja dalam ruangan ber-AC.

Sebenarnya, tidak hanya mengonsumsi air yang bisa mengurangi dampak dari AC, tetapi juga humidifier atau pelembab ruangan, selain tanaman yang bisa menyerap polusi ruangan.

Sekarang ada banyak humidifier yang dijual secara online di situs peritel. Anda bahkan bisa membeli alat yang langsung ditancapkan ke kabel USB komputer kantor Anda.

Selain melembabkan, alat ini juga bisa menguarkan aroma dari minyak aroma terapi yang Anda teteskan ke dalamnya sehingga Anda pun mendapatkan ruangan kerja yang nyaman. Jika Anda lebih menyukai sesuatu yang alami, Anda bisa menggunakan tanaman bunga sebagai pengganti tanaman dalam pot Anda.

Saya kira, tiga perubahan kecil tersebut tidak akan terlalu merepotkan persiapan Anda. Namun, dengan ketiga hal kecil itu Anda akan mendapatkan beberapa kebahagiaan kecil yang bisa menyelamatkan hari Anda.


Gambar diambil dari Pixabay

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com