Dapatkan Wajah Glowing dengan Produk Terjangkau dalam 2 Minggu

Wajah Anda tampak kusam? Ingin punya wajah glowing seperti artis-artis Korea? Begini caranya.

Kulit wajah glowing sudah lama ramai diperbincangkan di Indonesia. Hasil perawatan wajah ini diperkenalkan oleh para artis Korea yang memiliki kulit glowing dan flawless melalui penampilan mereka di film dan video musik. Bahkan, sudah banyak sekali Youtuber, baik dari Korea maupun Indonesia, yang memperagakan cara mendapatkan wajah glowing itu.

Bersamaan dengan munculnya tren wajah glowing, muncul pula 10-step korean skin care. Perawatan wajah ini dipercaya menjadi cara ampuh untuk mendapatkan kulit yang glowing. Walaupun terdengar melelahkan, banyak orang yang sudah membuktikan kebenarannya, lho.

Sebelum kita lanjut ke bagaimana saya mendapatkan wajah yang glowing, kita harus tahu apa itu kulit glowing.

Kulit glowing adalah kulit yang terlihat bercahaya (glow). Wajah yang glowing biasanya terlihat seperti muka yang berminyak, tetapi kering ketika disentuh. Nah, wajah ini adalah hasil dari kulit yang terhidrasi.

Apa sih kulit yang terhidrasi itu? Apakah sama dengan kulit yang lembab? Tidak.

Kulit dikatakan terhidrasi bisa memiliki kandungan air yang cukup untuk memberikan kelembaban alami pada kulit. Sedangkan kulit yang lembab hanyalah sebatas pada kulit yang tidak kering dan bersisik. Kulit lembab tidak berarti memiliki kandungan air yang cukup. Namun, kulit terhidrasi sudah pasti lembab.

Dari situ, Anda pasti sudah tahu bagaimana cara mendapatkan kulit yang glowing. Yap. Dengan cara memberikan cairan yang cukup pada kulit. Karena itulah, perawatan kulit yang diperkenalkan oleh Korea terdiri dari 10 langkah. Memang banyak, tetapi itu yang diperlukan. Selain kulit yang terhidrasi, satu hal lagi yang membantu mendapatkan kulit impian itu adalah eksfoliasi. Eksfoliasi ini penting agar cahaya alami dari kulit wajah tidak terhalang oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Di sini, saya tidak hendak menunjukkan 10 langkah perawatan kulit itu. Saya ingin menunjukkan cara dan langkah yang saya tempuh untuk mendapatkan wajah glowing dengan jumlah produk yang lebih sedikit.

Eit, tidak perlu takut. Tidak seperti produk yang digunakan oleh kebanyakan YouTuber, di sini saya hanya menggunakan produk-produk yang tidak akan menjebol kocek Anda, kok. 


Nah, dari gambar di atas, Anda sudah bisa melihat bahwa saya hanya memakai sekitar 6 produk saja dan 1 produk buatan sendiri. (Sebenarnya ada 1 produk lagi yang lupa saya masukkan. Nanti saya tulis di bawah, ya.)

Saya mulai ya. Saya memiliki kulit kombinasi berminyak dan kering. Berikut produk yang saya gunakan.

Mustika Ratu: Penyegar Sari Mawar

Harga: Rp14.000

Saya membeli produk ini di toko kencantikan. Produk ini diklaim bisa menyegarkan dan merawat kelembaban kulit sehingga kulit wajah dan leher terasa bersih, lembut, dan bercahaya. Air mawar yang dikhususkan untuk kulit kering dan sensitif ini mengandung aromatic essential rose oil dan vitamin A, E, dan F.

Apa itu vitamin F?

Vitamin F memiliki nama lain asam linoleat. Kalau vitamin E adalah bahan aktif yang melindungi kulit dari kerusakan, maka vitamin F membantu bahan-bahan lain bekerja dalam kulit. Dalam dunia kecantikan, vitamin ini bisa membuat kulit tampak kenyal. 

Saya menggunakan ini pertama kali setelah mencuci muka dengan sabun dan memastikan kulit telah kering. Cukup dengan mengeluarkan 4 tetes dan meratakannya ke tangan, lalu ditepuk serta ditekan sedikit ke wajah. Setelah itu, saya mengeluarkan 3 tetes lagi dan mengaplikasikannya ke wajah dengan cara yang sama.

Toner penting untuk menenangkan kulit setelah kulit dicuci ataupun kemerahan karena suhu udara.

Info: 
  • saya tidak mencuci muka dengan sabun di pagi hari. Saya hanya mencuci muka di malam hari menggunakan sabun muka tanpa deterjen (SLS dan SLES), yaitu Acnes.
  • orang Korea suka menggunakan 7 tetes toner sedikit demi sedikit agar kulit bisa menyerap semua toner itu dengan sempurna. 

Wardah: Primary Skin Hydrating Booster

Harga: Rp33.000

Booster keluaran merek lokal baru, Wardah, ini mendapatkan penilaian yang sangat baik dari Female Daily, yaitu 4,1 dari 5.

Produk ini mengandung ekstrak rumput laut yang bisa mempertahankan kondisi kulit pada pH normal. Fungsinya penting agar kulit kita tidak terlalu basa setelah mencuci muka dengan sabun. Selain itu, produk ini mengandung hyaluronic acid yang kita tahu bisa mengunci kadar air dalam kulit sehingga membuatnya terhidrasi.

Seperti yang kita tahu, toner dan booster adalah produk yang dipakai untuk mempersiapkan kulit menerima nutrisi dari produk-produk selanjutnya. Karena itu, kita perlu memakainya di awal. Di sini, saya memakainya setelah toner karena teksturnya lebih kental daripada air mawar di atas.

Wardah: Aloe Hydramild Serum

Harga: Rp47.500

Produk ini diklaim bisa menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus. Selain itu, produk ini mengandung hyaluronic acid dan ekstrak lidah buaya. Ekstrak ini bisa menenangkan dan melembabkan kulit.

Ini adalah rangkaian ketiga dari perawatan wajah saya. Produk ini terdiri dari 5 botol kecil berukuran 5 ml. Sedikit saja cukup untuk seluruh wajah dan leher. Lebih lengkapnya, Anda bisa membaca review wardah serum aloe vera.

Emina: Moist in Bottle

Harga: Rp27.000

Menurut saya, produk ini cukup menghidrasi, tetapi mungkin bukan untuk kulit kering. Walaupun kulit kombinasi saya tidak terasa kering setelah itu, saya merasa produk ini tidak semelembabkan itu. Namun, teksturnya yang sangat encer membuat saya suka dengan pelembab ini. 

Produk ini mengandung ekstrak lidah buaya dan minyak jojoba. Kedua bahan ini sangat baik dalam melembabkan dan meremajakan kulit.

Setelah mengaplikasikan pelembab di wajah, saya biasanya melanjutkannya dengan menyemprotkan air oksigen yang terbuat dari air mineral Oxy atau Cleo. Saya biasa mengaplikasikannya untuk mendapatkan kulit lembab sepanjang hari. Jika Anda tidak punya, Anda bisa menggunakan face mist dengan fungsi yang sama, menghidrasi kulit dengan memberikan pasokan oksigen agar tidak cepat kering.

Wardah: Anti Aging Night Cream

Harga: Rp105.000

Untuk sebuah krim malam anti aging berukuran 30 gram, harga itu sudah sangat terjangkau. Krim jenis ini perlu digunakan bagi perempuan berusia 25 tahun ke atas, atau ketika Anda sudah mulai melihat garis-garis penuaan dini di wajah.

Tekstur krim ini sangat kental. Anda hanya perlu mengambil sedikit dan meratakannya ke seluruh wajah dan leher. Saya menggunakan pelembab ini di malam hari sebagai pengganti pelembab Emina yang saya gunakan di pagi hari. Kadang saya juga menambahkan minyak wajah (minyak zaitun dari mustika ratu atau ovale).

Freeman: Honeydew + Chamomile

Harga: Rp135.000

Sebenarnya produk sleeping mask ini tidak banyak berpengaruh. Namun, entah kenapa hasilnya menjadi lebih cepat dengan pemakaian produk ini. Dengan harga itu, Anda sudah mendapatkan produk seberat 175 ml. Produk ini sangat kental sehingga baru bisa habis dalam hitungan tahun.

Banyak panduan mengatakan bahwa sleeping mask sebaiknya dipakai seminggu sekali saja. Namun, karena saya ingin mendapatkan kulit yang sangat terhidrasi, lembab, dan sehat, saya memakainya setiap hari selama seminggu, lalu hanya seminggu sekali setelahnya.

Anda bisa memakai produk apapun selain produk di atas asalkan bisa memberikan kelembaban dan menghidrasi kulit dengan baik. Yang penting, Anda mematuhi peraturan di bawah ini:
  • Pakai produk yang paling cair/ cepat meresap terlebih dahulu sebelum produk yang lebih kental. Produk ini biasanya berbahan dasar air dan cenderung sangat encer.
  • Pakai produk yang bertekstur sangat tebal, seperti pelembab atau minyak wajah di akhir rangkaian. Jika Anda juga memakai minyak wajah, pakailah setelah pelembab.
  • Pastikan mengaplikasikan produk setelah produk sebelumnya terserap sempurna. Ciri-cirinya, produk cair yang terserap sempurna akan membuat kulit wajah terasa dingin, sedangkan wajah akan terasa kering jika pelembab atau minyak wajah sudah terserap sempurna.
  • Lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali dengan bahan DIY setelah mencuci muka dan sebelum memakai toner.
  • Minumlah air putih yang banyak, terutama di pagi hari, minimal 8 gelas sehari. Usahakan frekuensi minum paling banyak di pagi hari dan semakin berkurang di malam hari. 
Itu dia rahasia muka glowing alami dari saya. Jadi, dalam 2 minggu, Anda harus rutin melakukan rangkaian itu. Lama mendapatkan hasil tentu tergantung dengan jenis kulit Anda dan produk yang digunakan. Namun, selama Anda memakai produk yang menghidrasi dan melakukan perawatan wajah secara rutin, dijamin Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

Posting Komentar

0 Komentar