Menstruasi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

Kamu sedang menstruasi? Jika itu terjadi, ada beberapa makanan yang akan membuat keadaan itu semakin parah dan ada pula yang bisa membuatmu terlihat baik-baik saja. Apa saja itu? Cari tahu di sini.

Menstruasi merupakan kondisi bulanan yang dialami setiap perempuan yang telah subur. Saat itu perempuan akan meluruhkan dinding telur yang tidak terbuahi.

Peristiwa pengeluaran darah itu sering kali membuat perempuan merasa tidak nyaman. Kadang perempuan harus menderita kram di perut. Kadang pula noda darah bisa menempel di baju yang membuat perempuan sangat menghindari warna putih di minggu itu.

Derasnya darah yang keluar di hari pertama dan kedua memang merupakan suatu yang lumrah dialami oleh semua perempuan. Namun, gejala seperti kram perut, sakit kepala, dan diare disebabkan oleh asupan makan yang tidak sehat.


makanan menstruasi


Ahli gizi telah membagian beberapa macam makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari selama masa itu. Selain masalah kesehatan tersebut, pada masa ini, perempuan juga bisa mengalami perubahan mood yang masih lumrah dialami setiap perempuan.

Untuk menanggulangi masalah selama masa pendarahan itu, kamu perlu tahu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi dan dihindari berikut.

Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Menstruasi adalah salah satu masa kritis yang pasti dialami oleh semua perempuan. Walaupun terbilang kritis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat kekritisan itu, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Sayuran Berdaun dan Buah-Buahan

Dr. Patil, penemu Nutracy Lifestyle, mengatakan bahwa naik turunnya jumlah zat besi dalam tubuh adalah hal yang normal dialami perempuan yang sedang haid, terutama jika darah yang keluar sangat deras. Hal ini sering kali mengakibatkan sakit-sakit di sekujur tubuh, pusing, dan kelelahan.

Untuk mengatasinya kamu wajib memperbanyak konsumsi sayuran berdaun dan buah-buahan berair seperti semangka. Keadaan demikian juga membuatmu ingin manis-manis karena rasa manis terbukti bisa meningkatkan tenaga. Jika itu terjadi, pilihlah buah-buahan yang manis.

Mengonsumsi buah manis sebagai pengganti gula buatan bisa menghindarkanmu dari naiknya kadar gula berlebih yang nantinya malah mengakibatkan sugar crash. Kondisi ini bisa membuatmu sangat kelelahan akibat tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai akibat dari kadar gula berlebih.

Untuk sakit sekujur tubuh, kamu bisa minum jahe hangat. Jahe berperan dalam mengatasi peradangan sehingga bisa mengatasi otot-otot yang terasa sakit. Ia juga bisa mengurangi rasa mual.

Daging, Ikan, dan Ayam

Ketiganya kaya akan protein dan zat besi sehingga bisa dianggap sebagai makanan menstruasi yang wajib ada dalam menu harianmu. Protein terbukti dapat membuatmu merasa kenyang seharian. Selain itu, kandungan zat besinya bisa mencegahmu mengalami sakit kepala berlebihan.

Dark Chocolate dan Kacang-Kacangan

Dark chocolate bisa dibilang merupakan anugerah bagi perempuan yang sedang menstruasi. Siapa yang tidak suka cokelat? Dan bayangkan bagaimana kudapan sejuta umat itu adalah penyelamat saat sedang krisis?

Cokelat masuk dalam jajaran makanan yang wajib dimakan bukan karena rasa manisnya. Cokelat mengandung magnesium dan zat besi yang kamu butuhkan selama masa ini. Jadi, pastikan kamu makan cokelat dengan kandungan cocoa tinggi untuk memaksimalkan manfaatnya.

Kacang-kacangan sudah seperti pendamping cokelat. Agar lebih mudah, pastikan kamu membeli cokelat yang sudah mengandung kacang. Namun, kalau kamu suka makan kacang goreng atau rebus sembari melakukan aktivitas nyamanmu, kenapa tidak?

Air

Kamu pasti tahu kan kalau darah itu mengandung air? Selain dari air seni, air juga akan keluar dari tubuhmu melalui darah yang kamu keluarkan.

Saat haid adalah saat-saat paling rentan seseorang mengalami dehidrasi tak terduga. Jadi, jangan sampai lupa minum air putih agar kamu tidak mengalami sakit kepala karena dehidrasi.

Yang Perlu Dihindari

Mengingat haid adalah kondisi kritis ketika beberapa masalah bisa timbul, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi segala makanan dan minuman yang bisa memperparah keadaan itu.

Kopi

Kopi, minuman berenergi, dan beberapa minuman lain yang mengandung kafein dan kandungan tambahan bisa menyebabkan sakit kepala dan konstipasi. Kopi juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Kalau tidak ingin diaremu parah, stop dulu kebiasaan minum kopimu.

Makanan Asin dan Pedas

Kamu pencinta makanan pedas? Maaf, ya. Di masa-masa haid, kamu harus menekan keinginanmu untuk mengidam makanan-makanan itu. Pasalnya, mereka bisa memicu timbulnya masalah yang tidak kamu inginkan.

Makanan pedas bisa membuat perutmu berontok dan menyebabkan kadar asam dalam perutmu meningkat yang bisa menyebabkan mual. 

Selain itu, kandungan garam berlebih bisa menyebabkan membuat tubuhmu menyimpan air terlalu banyak yang membuat perut kembung. Contoh makanan yang mengandung banyak garam adalah makanan ringan.

Alkohol

Sepertinya tidak perlu ada alasan lagi kenapa alkohol masuk ke dalam daftar minuman yang perlu dihindari. Alkohol sangat tidak baik bagi tubuh. Itu artinya, ia juga tidak baik untuk perempuan yang sedang haid. Titik. Kamu mau sakit kepalamu tambah parah?

Itulah daftar makanan dan minuman yang perlu kamu konsumsi dan hindari selama menstruasi. Pastikan kamu mengikuti petunjuk ini agar keadaanmu tidak terlalu parah.

Sumber:
IndianExpress.com. (29 Agustus 2020). Diakses pada 3 Februari 2021 dari https://indianexpress.com/article/lifestyle/health/foods-to-eat-and-avoid-during-your-period-6573231/

Posting Komentar

0 Komentar