Ini Alasan Kenapa Niacinamide Harus Ada di Skincare Kamu

Niacinamide adalah bahan kimia yang sering ada dalam produk kecantikan. Ia sering digunakan untuk membantu mencerahkan kulit. Namun, apakah kamu tahu alasan kenapa bahan ini digandrungi banyak orang?

Kalau kamu sering menggunakan pelembab atau serum yang berfungsi untuk mencerahkan, Niacinamide mungkin bukan hal baru bagimu. Ya, ia adalah kandungan yang merupakan derivat vitamin B. Di Indonesia, kita mengenalnya sebagai Niasinamida.

Jika sebelumnya hyaluronic acid atau asam hyaluronat adalah primadona di dunia kecantikan dengan kemampuan hidrasinya, kini giliran Niasinamida yang mulai mencuri perhatian kaum wanita. Di tengah galaknya industri K-Pop yang menampilkan para artis berkulit putih dan mulus, tak heran bila kandungan ini mulai digemari.

Apakah Niacinamide memiliki efek samping pada kulit? Dari sekian banyak penelitian, tidak ada hasil signifikan yang menunjukkan bahwa kandungan ini memiliki efek samping. Efek yang sampai saat ini diperoleh adalah beruntusan pada sebagian orang. Hasil ini cukup baik dibandingkan dengan beberapa kandungan yang secara nyata tidak bisa "berteman" baik dengan kandungan lain.

Sifat universal inilah yang kemudian membuat semua orang berbondong-bondong ingin mencoba niasinamida dalam produk perawatan kulit mereka. Ia bisa mengurangi kemerahan yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan retinol; memperkuat lapisan kulit, dan mengontrol produksi minyak.

Makin penasaran sama manfaat niacinamide untuk kulit? Yuk, kita kenalan sama bahan satu ini!


niacinamide


Niasinamida: Apa dan Kenapa

Niacinamide adalah variasi dari vitamin B3, mirip dengan niacin. Bahan ini memberikan nutrisi pada kulit dalam bentuk

Memperkuat Lapisan Kulit

Kulit perempuan 3 kali lebih tipis daripada kulit pria. Rentan terhadap dampak sinar UV dan mudah berjerawat adalah sebagian akibat yang diderita tipe kulit tersebut.

Kandungan derivat vitamin B ini bekerja untuk mengunci kelembaban sehingga kulit tidak mudah kering atau kusam, kasar, mudah terkelupas, atau belang. Ia memperkuat fungsi lapisan kulit ini untuk menjaga nutrisi dan mencegah polusi dari luar untuk masuk.

Menghaluskan Rona Wajah 

Jika kamu punya masalah dengan pori-pori besar, kamu bisa mencari produk perawatan kulit yang mengandung niasinamida. Selain dapat membantu mengecilkan tampilan pori-pori, ia membantu mengurangi keriput dan garis halus, serta hiperpigmentasi, seperti noda hitam dan bekas jerawat.

Mengontrol Produksi Minyak

Manfaat ini bisa membuatnya menjadi kandungan serbaguna bagi kamu yang memiliki wajah berminyak maupun kombinasi. Dengan kandungan ini, artinya pori-pori wajahmu bisa bernapas lega dan riasan wajahmu bisa bebas kilap sepanjang hari.

Mengurangi Kemerahan

Belum berhenti di sana, bahan menakjubkan ini juga memiliki kemampuan untuk menangkal peradangan yang bisa membuat wajah tampak kemerahan, lho.

Ia bekerja dengan menenangkan kulit yang terkena rosacea (kulit kemerahan dan bintik mirip jerawat) atau yang sering disebut jerawat radang.

Tidak jarang dari kondisi kulit itu memperlukan skin care yang khusus menargetkan gangguan tersebut. Dengan niasinamida, sepertinya kamu tidak akan membutuhkan produk tambahan untuk mengatasi masalah itu.

Produk yang Mengandung Niacinamide

Biasanya kandungan ini ada dalam produk apa saja, sih?

Pelembab

Tak perlu ditanyakan lagi kenapa kandungan ini ada di pelembab. Alasan utamanya adalah pelembab pasti tidak akan terlepas dari rutinitas perawatan wajah setiap orang.

Di samping itu, vitamin B3 ini juga mudah larut dalam air sehingga sesuai untuk produk pelembab yang biasa menggunakan air sebagai bahan dasarnya.

Jadi, kalau kamu butuh pelembab yang bisa mengatasi kulit kusam, mengecilkan pori-pori, dan membantu mengontrol minyak, coba cari pelembab yang mengandung niasinamida next time kamu beli pelembab, ya.

Serum

Banyak serum yang ditujukan untuk mencerahkan kulit mengandung niasinamida di dalamnya. Kalau kamu sedang berjuang mengatasi kulit kusam atau ingin wajah tampak lebih cerah, selain pelembab kamu juga butuh serum.

Niacinamide serum biasanya berbentuk cair agar bisa masuk jauh ke dalam lapisan kulit. Dengan demikian, fungsi mencerahkannya bisa bekerja maksimal. Hasilnya bisa terlihat dalam 1 sampai 2 bulan.

Krim Malam

Untuk mendapatkan kulit sehat, lembut, kenyal, dan menawan di pagi hari, kamu perlu memperhatikan perawatan kulit malammu.

Krim malam biasanya diformulasikan untuk kepentingan itu. Oleh karenanya, ia biasa memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dengan konsistensi yang lebih kental.

Kalau kamu ingin kulitmu terlihat cerah lebih cepat, pastikan niasinamida ada dalam kandungan krim malammu, ya.

Krim Khusus

Krim khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit serius dan membandel. Krim ini biasa diaplikasikan sebelum mengoleskan pelembab di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kandungan vitamin B3 jarang ada di dalamnya. Namun, jika kamu membeli krim khusus untuk memberantas noda hitam, niacinamide kemungkinan adalah salah satu komposisinya.

Apakah kandungan ini sudah diperlukan dan ada dalam produk skincare kamu? Yuk, cek!

Sumber:
GQ.com. (2020, September 16). Basically Everyone Should Add Niacinamide to Their Skincare Routine - Here's How. Diakses pada 27 Februaru 2021 dari https://www.gq.com/story/niacinamide-skincare-routine/amp.

Posting Komentar

0 Komentar