Tanda Penuaan Muncul? Kamu Butuh 4 Bahan Ini

Tanda penuaan biasa muncul pada usia 25 ke atas. Bila usia kamu sudah menginjak angka itu, sangat disarankan untuk menggunakan skincare anti-aging sesegera mungkin.

Sekarang, perawatan wajah dengan kandungan anti penuaan sangat ramai diperbincangkan. Pasalnya, kandungannya dapat menyamarkan kerutan serta flek hitam yang biasa menjadi momok bagi banyak perempuan.

Ketika masih muda, tanda-tanda itu tidak muncul diakibatkan kulit kita sangat cepat melakukan pergantian sel, epidermis yang lebih kuat, serta kandungan hyaluronic acid, kolagen, dan elastin yang lebih banyak. 

Namun, seiring bertambahnya usia, kulit kita lambat laun kehilangan semua itu sehingga terbentuklah garis halus dan keriput.

Kita tidak bisa kembali ke masa lalu untuk melakukan hal terbaik demi kulit sehat dan cantik. Namun, kita bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah garis halus, keriput, juga bintik hitam semakin terlihat.

Berikut beberapa bahan yang perlu ada dalam skincare.


tanda penuaan


Hyaluronic Acid

Seberapa sering orang merekomendasikan kandungan ini untuk perawatan kulitmu? Cukup sering? Ya, karena bahan ini sangat baik dalam menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terlihat lebih muda.

Kandungan ini dapat mengikat kandungan air. Kulit yang mengandung sedikit air dan kelembaban akan lebih mudah kehilangan kekenyalannya. Makanya, kamu membutuhkannya dalam serum dan pelembabmu.

Penyelamat kulit ini mampu mengikat air hingga 1.000 kali massanya sehingga ia bisa secara efektif memberikan hidrasi pada kulit agar tetap kenyal dan glowing.

Retinol

Bila kalian mengalami kondisi penuaan wajah yang cukup mengkhawatirkan, sepertinya retinol bukan hal baru.

Banyak dokter kecantikan dunia mengatakan bahwa belum ada bahan yang benar-benar bekerja secara efektif mengurangi tanda penuaan selain retinol.

Retinol adalah derifat vitamin A. Ia mampu memperlambat pemecahan kolagen sembari mempercepat proses regenerasi kulit untuk mengurangi hiperpigmentasi, kerutan hingga mencerahkan kulit.

Ketika berbicara soal retinol, kamu mungkin akan bertanya-tanya perbedaannya dengan retinoid. Retinol adalah kandungan yang tersebar luas di pasaran sementara retinoid harus digunakan dengan pengawasan dokter karena konsentrasinya cukup tinggi. 

SPF

Kita disarankan untuk memperhatikan kandungan SPF dalam skincare sedini mungkin, apalagi bila sudah menginjak usia 25 tahun ke atas di mana mengoles dan mengaplikasikan sunscreen lagi jadi sangat krusial.

Ketika tidak terlindungi dan terpapar matahari, kulit akan memproduksi melanin sebagai upaya perlindungan. Oleh karenanya kulit kita menggelap ketika terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Terlalu sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan juga penyebab timbulnya bintik hitam serta memperparah warna itu. Ditambah lagi, aparan matahari terus-menerus mengakibatkan kerusakan kulit sehingga menyebabkan penuaan dini seperti terbentuknya bintik hitam, garis halus, kerutan hingga kanker kulit.

Hidrokuinon

Sebelum berkomentar lebih jauh, hidrokuinon berperan dalam menyamarkan bintik hitam di kulit. Ia mengurangi produksi melanin kulit dengan cara mengurangi jumlah melanin yang diproduksi melanosit dan mengurangi jumlah melanosit secara bersamaan.

Hidrokuinon perlu diaplikasikan secara berkala dan teratur. Jika tidak, kulit bisa kembali memproduksi jumlah melanin seperti sedia kala.

Namun, penggunaannya sendiri perlu dalam pengawasan dokter. Disarankan tidak menggunakannya lebih dari enam bulan. Selain itu, kandungannya dalam skincare sendiri hendaknya tidak lebih dari 2%.

Nah, itulah keempat bahan untuk memerangi tanda penuaan. Bahan apa saja yang sudah ada dalam produk perawatan kulitmu? Komentar di bawah, ya!

Sumber: https://slmskincare.com/blogs/learn/the-4-ingredients-you-need-to-fight-signs-of-aging

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Posting Komentar

0 Komentar