Header Ads

Header ADS

5 Langkah Untuk Hasilkan Jutaan Rupiah dari Rumah


Di zaman di mana teknologi menjadi sebuah kewajiban, para ibu rumah tangga juga harus memanfaatkannya, donk.

Bunda pasti sudah tahu bahwa ada banyak sekali ibu rumah tangga yang memulai bisnis reseller. Mungkin teman Bunda atau bahkan Bunda sendiri. Tentunya semua itu adalah untuk menunjang perekonomian keluarga sambil mengoptimalkan pengasuhan anak. Selain itu, pekerjaan dan jam kantor yang padat sering kali membuat Bunda kewalahan dan kelelahan begitu sampai di rumah. Sehingga anak menjadi tidak terurus dan kurang kasih sayang. Anak tentu lebih senang kalau setiap mereka pulang sekolah, mereka bisa melihat Bunda, bukan?

Nah, inilah saatnya Bunda memulai bisnis sendiri di rumah. Ada banyak pilihan untuk memulai bisnis di rumah, salah satunya adalah menjadi reseller.

Bisnis sebagai reseller memang sudah menjamur sekali di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa Anda jual sebagai reseller, mulai dari pakaian hingga bahan perawatan. Moms tentunya tinggal memilih mana yang cocok dan suka dijalani. Namun, kalau Bunda tidak terlalu suka menjual produk orang yang tidak jelas, mom bisa lho membuka usaha sendiri.

Bunda sudah kenal dengan Bu Martini? Beliau kini adalah pengusaha kerajinan anyaman yang sukses. Produknya sudah diekspor ke mancanegara, lho. Yang perlu Bunda perhatikan adalah, Bu Martini dulunya adalah seorang PRT dan juga pedagang sayur. Namun, semua itu tidak mengurangi semangat Bu Martini untuk menjadi seorang pengusaha.

Jadi, kalau Bu Martini bisa, Bunda juga bisa, lho. Karena sejatinya kita pasti bisa melakukan apapun yang kita inginkan. Gimana caranya?

1. Ciptakan Rutinitas Pagi

Seperti namanya, rutinitas pagi adalah segala hal yang harus Bunda lakukan rutin setiap pagi. Pagi di Indonesia biasanya dimulai pukul 05.30 atau lebih awal atau lambat daripada itu. Intinya, Bunda harus bisa bangun lebih pagi dari jadwal sibuk para ibu rumah tangga pada umumnya.

Apa yang perlu Bunda lakukan di waktu sepagi itu?

Bunda bisa melakukan hal ringan, seperti membaca artikel di website kesukaan Bunda, membuat teh untuk Bunda, olahraga kecil, menulis content untuk website bisnis Bunda, atau pekerjaan penting lainnya yang perlu dilakukan, terkait bisnis dan lainnya.

Kenapa hal itu perlu dilakukan di awal?

Hal ini agar kesibukan Bunda sebagai seorang pengusaha atau calon pengusaha tidak mengganggu kehidupan Bunda sebagai ibu rumah tangga. Tentu tidak mengenakkan jika begitu Bunda menjadi pengusaha, Bunda malah melupakan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga pada anak-anak.

2. Atur Jadwal Sendiri

Salah satu hal yang membuat banyak orang tidak segera memulai usaha mereka sendiri adalah karena takut tidak punya waktu untuk keluarga. Siapa bilang? Justru dengan menjadi bos bagi usaha sendiri, Bunda bisa membuat jadwal sendiri sesuka hati.

Kalau weekend adalah waktu untuk keluarga, maka Bunda bisa libur tiap weekend. Bahkan Bunda bisa menghadiri semua acara penting keluarga, teman dan rekan kerja Bunda kapan pun tanpa menumbalkan kesibukan Bunda sebagai momspreneur. Menjadi pengusaha bukan tentang bekerja sepanjang waktu, melainkan mengerjakan hal-hal penting yang bisa dikerjakan Bunda dan serahkan sisanya pada pegawai Bunda.

Sage Lavine, pendiri Women Rocking Business mengatakan, "Saya punya yang namanya Jadwal Bebas dimana saya bekerja hanya 12 hari selama sebulan dan saya tidak pernah mengubah jadwal itu. Saya menyelesaikan pekerjaan yang bisa saya lakukan dalam 12 hari itu dan menggunakan waktu bebas saya untuk menyelesaikan goal pribadi, seperti keluar bersama keluarga dan teman dan berolahraga."

3. Kurangi Akses Email

Satu hal lagi yang perlu Bunda tahu adalah: menjadi pengusaha bukan berarti menyibukkan diri dengan membaca email.

Ya, benar. Email memang merupakan salah satu platform komunikasi yang menyediakan feature mengirim dokumen. Namun, Anda juga membutuhkan tim yang bisa menangani itu. Jika hanya untuk bercakap-cakap dengan tim, Bunda bisa menggunakan aplikasi lain dan hanya berkomunikasi jika diperlukan. Jika tidak, Bunda juga tidak perlu terus-menerus membuka aplikasi itu.

Hal ini berguna agar Bunda bisa lebih fokus mengerjakan tugas top prioritas yang bermanfaat untuk pengembangan usaha Bunda.

4. Buat Batas yang Jelas Antara Kehidupan Pribadi dan Bisnis

Saya rasa hal ini sudah jelas dan bisa dipahami semua orang. Namun, terkadang masih ada saja orang yang mencampurkan kehidupan pribadi ke dalam kehidupan kerja dan sebaliknya. Jadi, ketika sudah di rumah, masih sibuk menelepon untuk urusan kantor atau sebaliknya.

Hal ini perlu dihindari dan Bunda harus melatih diri untuk tidak melakukan itu. Jangan membuka media sosial ketika Bunda sedang sibuk bekerja; atau membuka-buka fail kantor ketika Bunda seharusnya bersantai bersama keluarga di rumah. Sebaliknya, selesaikan urusan kerja sebelum mengurus pekerjaan rumah atau urusan pribadi lainnya dan jangan membuat janji rapat ketika Bunda sedang liburan bersama keluarga.

5. Sisihkan Waktu Untuk Pengembangan Diri

Menghasilkan jutaan rupiah memang mudah, tetapi angka itu tidak akan bertambah lebih besar jika diri Bunda tidak berkembang. Pundi rupiah yang Bunda dapatkan berbanding lurus dengan kualitas diri Bunda. Kalau Bunda mulai gampang capek, saatnya Bunda menginvestasikan waktu untuk berolahraga. Kalau mulai lelah dan stress maka Bunda juga membutuhkan waktu khusus untuk bertemu ahlinya.

Intinya, Bunda tidak akan bisa mendapatkan lebih daripada yang Bunda dapatkan jika tidak disertai dengan kualitas pribadi yang bertambah pula.

Nah, itulah 5 langkah yang perlu Bunda lakukan agar bisa hasilkan jutaan rupiah dari rumah. Memang semuanya membutukan waktu. Namun, begitu Bunda sudah terbiasa, maka dalam waktu singkat Bunda akan dengan mudah mendapatkan pundi-pundi rupiah hanya dari rumah saja.

Selamat mencoba ^^

Gambar oleh shaila19 dari Pixabay

No comments

Powered by Blogger.