Friday, 26 April 2019

Santapan Nikmat dan Murah di Waroeng Steak and Shake

Halo, ketemu lagi di bagian kuliner...

Sebenarnya sudah lama aku ingin membahas warung makan yang satu ini. Warung makan ini bukan warung makan biasa karena menu yang disajikan adalah steak. Mungkin teman-teman sudah tahu warung makan ini atau bahkan sudah menjadi pelanggan setianya.

Yap! Warung ini adalah Waroeng Steak and Shake atau biasa disebut WSS.

Jadi, aku masih ingat bisa menikmati harga steak daging yang hanya Rp13.000,- dan tenderloin yang hanya Rp11.000,- beberapa tahun lalu ketika Indonesia sedang gencar mengimpor dengan hutang negara yang mencapai ratusan triliun. Sekarang ketika hutan sudah mulai dibayar, perlahan tapi pasti, harga menu pun merangkak naik setiap tahunnya. Setiap kali aku ke sana, hampir selalu aku merasakan perubahan harga walaupun tidak disertai dengan perubahan rasa. Oke, cukup dengan politiknya. Kita akan membahas bagaimana rasa steak di sini pas di lidah dan belum mengalami perubahan dan rasanya sama di tiap cabang.




di WSS Surabaya

Pertama kali aku menikmati santapan lezat nan murah ini adalah ketika aku kuliah di Malang. Di Malang ada sekitar 3 WSS yang tersedia dan rasa sausnya dan konsistensi kematangan dagingnya juga sama. Aku masih belum merasa kecewa dengan rasanya, tetapi ada sedikit perbedaan harga untuk WSS di daerah Batu. Namun, kemudian semua harga di setiap cabang menjadi seragam seiring dengan inflasi dan harga barang yang terus meningkat.

Menu pertama yang kuingat kupesan adalah Beef Blackpepper yang saat itu harganya sekitar Rp13.000,- yang sekarang sudah menjadi Rp30.000,-. Rasa sausnya enak, jika kurang asin tinggal ditambah garam dan mungkin tambahan merica yang sudah tersedia di setiap meja. Kematangan dagingnya juga pas, yaitu well done. Walaupun tidak juicy seperti daging medium, tetapi rasanya nikmat; dan yang terpenting adalah murah.

Untuk sayurannya, ada jagung, buncis, wortel dan kentang. Semuanya menyatu sempurna dengan saus merica hitamnya. Kita juga bisa menambah sayur, kentang, saus atau nasi jika memang porsi yang disajikan dirasa kurang. Apalagi kebiasaan kita yang harus makan dengan nasi, kalau belum makan nasi berarti belum makan.

Selain beef blackpepper yang menjadi favoritku, menu favorit keduaku adalah sirloin. Sirloin adalah daging khas dalam yang masih penuh dengan lemak sehingga ketika dikunyah terasa gurih dan renyah, berbeda dari tenderloin yang hanya empuk dan terlalu mudah dikunyah. Jadi, menurutku makan tenderloin seperti tidak ada sensasi makan daging sama sekali.


Jadi, penampakannya persis seperti di atas. Walaupun terlihat ada bagian yang hitam-hitam atau gosong, rasa gosongnya itu tidak terasa. Rasanya ya cuma enak aja.

Selain bisa makan steak, kita juga bisa memesan menu lain yang agak jauh dari namanya steak, seperti pasta atau dalam hal ini adalah spaghetti. Spaghetti ini terbilang murah karena memang disajikan di atas mangkuk saji yang kecil untuk harga sekitar Rp15.000,- Di atasnya diberi saus bolognese dan taburan keju dengan kuantitas pasta yang kubilang cuma setengah porsi.

Ada juga chicken drum stick dengan harga sekitar Rp20.000,- yang berisi 5 potong ayam dengan saus, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Menu ini mungkin adalah menu baru karena beberapa tahun lalu saat di Malang aku tidak melihat menu ini di dalam daftar. Chicken drum stick ini terbilang renyah dan cukup krispy walaupun hanya ditaburi dengan tepung roti dan bumbu-bumbu yang terasa enak di luarnya. Bisa dicoba.

Menu baru selanjutnya adalah ayam krispy keju, di sini kita pesan Crispy Cheese Chicken Double. Jadi, ini adalah steak ayam krispi seperti biasanya yang masih dengan sayuran pendampingnya dan ditambah dengan saus keju di atasnya. Rasa ayam dan kejunya menyatu.


Untuk minumannya, menurutku bisa dicoba semuanya. Tapi minuman yang sering kupilih adalah Milkshake-nya. Sebagai pecinta alpukat, kalian kurekomendasikan untuk mencoba Avocado float kalau ada di cabang di kotamu, ya, rasanya mantap.

Oke. Itu dulu untuk hari ini. Kalau kalian ingin mencoba menu lain bisa saja karena di sana juga ada steak ikan dan menu-menu menarik lainnya yang menurutku pasti juga tidak mengecewakan.

No comments:

Post a Comment