(DIY) 10-Step Korean Skin Care


Sudah berapa lama drama Korea hadir di Indonesia?

Drama Korea sudah mulai dikenal sejak munculnya film “Winter Sonata” dengan sound track berjudul “From The Beginning Until Now”. Kita juga pasti masih ingat dengan film “Full House” yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Rain yang menghiasi televisi masa kecil kita.


Lalu, apa hubungannya kedua drama tersebut dengan perawatan kulit?
Dengan booming-nya drama Korea di Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa tradisi, – seperti hanbook – bahasa, dan hal lainnya juga akan masuk ke Indonesia, termasuk perawatan wajahnya. Ketika Anda melihat film Korea, selain menikmati alur ceritanya yang tidak monoton, Anda tentu juga melihat wajah pemainnya, bukan? Ketika Anda melihat wajah pemainnya, Anda pasti melihat betapa bening wajah-wajah mereka. Walaupun Korea dikenal dengan negara dengan biaya operasi plastik wajah yang murah, tetapi rahasia wajah bening mereka juga terdapat pada perawatan kulit mereka, lho.


Bagi Anda yang berkecimpung di dunia kecantikan, tentu 10 langkah perawatan kulit ala Korea bukan hal baru. Jika sebelumnya Anda hanya melakukan 3-5 langkah perawatan kulit, maka langkah ini mungkin dirasa terlalu banyak dan berat. Namun, jika Anda memang memiliki waktu, 10 langkah sebenarnya tidak seberat itu.


Dalam memperkenalkan keunggulan perawatan kulit mereka, Korea tidak tanggung-tanggung. Selain membawa tradisi perawatan kulit wajah, Korea juga sudah memperkenalkan beberapa produknya mulai dari yang paling mahal hingga yang bisa dijangkau oleh dompet kita. Bahkan, beberapa situs web dan toko resmi yang menjual produk-produk Korea sudah mulai menjamur di Indonesia, lho.


Terlepas dari semua itu, sebenarnya kita bisa menggunakan produk Indonesia dengan hasil yang sama. Jika Anda adalah jenis orang yang lebih suka memakai perawatan yang alami, Anda juga bisa melakukan perawatan kulit wajah ala Korea itu. Bagaimana caranya dan bahan apa saja yang diperlukan? Yuk, simak ulasan berikut ini.


1.    Oil Cleansing



Sebenarnya, langkah ini dilakukan ketika kita ingin membersihkan make-up di wajah - karena produk itu berbahan dasar minyak sehingga lebih mudah dibersihkan dengan minyak pula – sehingga kita tidak perlu melakukan langkah ini jika tidak mengenakan make-up.

Seperti namanya, “Oil cleansing” adalah pembersihan wajah dengan produk yang berbahan dasar minyak. Kita bisa menggunakan minyak alami saja untuk membersihkan wajah. Pemilihan minyak alami sendiri bisa ditentukan dengan jenis kulit kita. Untuk jenis kulit berminyak, kita bisa memilih minyak biji anggur dan minyak zaitun untuk kulit normal dan kering. Namun, kita juga bisa memilih minyak zaitun untuk membersihkan wajah walaupun kulit kita berminyak. Minyak alami tidak akan berakibat buruk untuk kulit kita.

Kita hanya perlu mengoleskan minyak alami itu ke wajah kita sampai seluruh make-up benar-benar meluruh dan membersihkannya dengan air. Jika masih ada sisa make-up, oleskan kembali minyak alami tersebut dan bersihkan dengan air lalu keringkan dengan spons atau handuk kering.

2.    Water Cleansing
Pembersihan ini hanya dilakukan untuk memastikan agar seluruh sisa make-up benar-benar hilang. Kita bisa melakukannya dengan air saja, tetapi jika make-up yang kita pakai cukup tebal, maka kita benar-benar membutuhkan pembersih wajah berbahan dasar air, seperti susu segar, susu bubuk yang sudah dicairkan, atau cairan tepung beras. Kita hanya perlu membersihkan sisanya dengan air biasa. Mudah, bukan?

3.    Exfoliating
DIY pada tahap ini kita juga masih menggunakan minyak yang dicampur dengan bubuk kopi. Campur keduanya hingga kopi cukup lembab untuk diaplikasikan pada wajah. Setelah diaplikasikan, kita hanya perlu membersihkannya dengan air lalu mengeringkannya dengan spons atau handuk kering.

Jika kulit kita tergolong sensitif, kita bisa menggunakan bubuk gandum utuh dan mengaplikasikannya dengan air ke kulit kita. Kita tinggal membeli gandum utuh dan menghaluskannya dengan blender dan menyimpannya dalam keadaan kering, lalu mengambil sesendok teh ketika membutuhkannya.

4.    Toning
Tahap ini diperlukan untuk mempersiapkan kulit kita menerima perawatan berikutnya. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat toner ini. Kita bisa memarut mentimun dan menggunakan airnya sebagai toner. Kita juga bisa merebus mahkota bunga mawar hingga mawar berwarna putih dan memakai airnya dengan menepuk-nepukkannya pada wajah kita. Mentimun sangat bagus untuk kulit wajah yang lelah. Kita juga bisa menaruh airnya pada kapas dan meletakkannya pada kelopak mata kita agar mata yang lelah bisa kembali segar. Bunga mawar akan sangat bagus untuk menghidrasi kulit kita. Kita tinggal menggunakan keduanya bergantian sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Kita juga bisa menggunakan teh yang telah diseduh untuk menghilangkan rasa lelah di wajah lebih cepat.

5.    Serum/ Essence
Serum/ Essence sebenarnya dibuat lebih cair daripada ampul  agar bisa lebih cepat merasuk sehingga tidak menghalangi jalannya ampul. Kita bisa membuatnya dari minyak yang sangat cair yang mengandung linoleat tinggi, diantaranya adalah minyak biji buah anggur. Kita tinggal mengaplikasikannya pada kulit begitu toner sedikit mengering dengan cara menepuk-nepukkan minyak itu ke wajah.

6.    Ampul
Sebenarnya saya tidak begitu mengetahui perbedaan fungsi serum atau ampul. Namun, sepertinya memang fungsi ampul sama dengan serum, yaitu memberikan kelembaban kulit. Bedanya, ampul memberikan kelembaban yang lebih banyak sehingga berkarakter lebih kental daripada serum. Kita bisa membuatnya dari minyak alami yang memiliki kandungan oleat tinggi, seperti minyak zaitun. Selain memberikan kelembaban, ampul yang terbuat dari minyak alami juga bisa mempercepat jerawat kita mengering dan hilang dari wajah.

7.    Masking
Orang Korea suka menggunakan sheet mask. Kita juga bisa membuat larutan untuk masker jenis ini. Kita bisa menggunakan toner yang telah kita buat sebagai masker dengan mencelupkan kertas masker yang bisa kita beli secara online atau mencelupkannya pada beberapa kapas dan menempelkannya pada wajah kita. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C yang dipercaya bisa mencerahkan kulit kita dan memberantas jerawat, kita bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk nipis pada larutan itu. Jika kita menambahkannya terlalu banyak, itu bisa membuat kulit kita terasa terbakar.

8.    Eye Cream/Gel
Biasanya, saya mengoleskan minyak di bawah kelopak mata dan lingkaran sekitar mata sebelum menggunakan masker. Namun, saya meletakkan di sini agar sesuai dengan tahapan perawatan kulit Korea. Minyak juga dapat digunakan di seluruh wajah, bahkan dari ujung rambut hingga ujung kaki sehingga sangat aman juga jika digunakan di daerah sekitar mata,  berbeda dengan beberapa produk kosmetik biasanya yang harus dijauhkan dari daerah sekitar mata dan bibir.

9.    Pelembab Wajah
Sebenarnya saya agak ragu dalam menamai langkah ini. Awalnya saya membubuhkan judul “hydration”, tapi secara harfiah, hidrasi berarti melembabkan kulit dengan produk yang berbahan dasar air. Akhirnya saya memilih kata “pelembab” agar lebih aman.

Untuk membuat pelembab, kita membutuhkan satu produk organik yang mungkin sudah kita dengar sebelumnya yaitu “kefir”. Belilah masker kefir dan toner-nya jika mau menggunakannya sebagai toner kita sehari-hari. Kita bisa menggunakan maskernya sebagai perawatan alami wajah kita.

Untuk membuat pelembab wajah dari masker kefir, kita hanya perlu mengambil satu sendok masker dan mencampurnya dengan beberapa tetes minyak alami sesuai keinginan kita. Semakin banyak akan semakin bagus karena hal itu bisa semakin membuat masker susah mengering. Namun, pastikan keduanya tercampur merata dan tidak terlihat ada minyak yang mengambang di permukaan campuran. Jika ada minyak yang terlihat, tambahkan masker kefir lagi.

Sebenarnya, kita bisa membuat masker kefir ini dengan membeli 50 g bibit kefir dan 1 L susu segar. Siapkan botol kaca bersih kering sebagai tempat menyimpan kefir. Masukkan bibit kefir ke dalamnya lalu campur dengan susu segar. Tutup botol dengan kain tipis yang memungkinkan udara bisa masuk dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu, saring bagian campuran tersebut dan bekukan larutan yang lolos dari saringan ke dalam freezer. Larutan itulah yang kita gunakan sebagai masker nantinya.

10.    SPF
Pada dasarnya, semua minyak alami memiliki kandungan yang berfungsi sebagai SPF, tetapi banyak di antaranya hanya memiliki kandungan SPF yang sangat rendah. Namun, ada beberapa minyak memiliki SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit kita dari sengatan matahari. Beberapa minyak itu adalah minyak raspberry yang memiliki SPF 30 – 50, minyak wortel dengan SPF hingga 30, dan minyak biji gandum dengan SPF sekitar 20. Kita bisa mengaplikasikan minyak ini sebelum mengaplikasikan pelembab wajah di atas yang memiliki sifat yang cukup tebal dan menutupi. Kita juga bisa mencampurkan beberapa minyak ini ke dalam campuran pelembab wajah itu agar lebih praktis. Kita juga bisa memakai campuran ini di malam hari.


Setelah membaca sepuluh langkah dan resep DIY perawatan kulit ala Korea yang memberikan hasil yang sama dengan produk Korea lainnya, tidakkah membuat perawatan kulit alami sendiri lebih menyenangkan?



Gambar diambil dari Pixabay dan Pixabay 2

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com